PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT DI SDN BINAKAL BONDOWOSO
Abstract
Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Binakal
Bondowoso pada mata pelajaran IPS disebabkan oleh metode pembelajaran yang
diterapkan di sekolah masih monoton, guru selalu menggunakan metode ceramah dan
pemberian tugas dalam mengajarkan materi pelajaran. Hasil ulangan harian yang
didapatkan siswa kelas IV SDN Binakal Bondowoso dalam pelajaran IPS
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1
vii
meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV melalui metode problem solving dalam
pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat di SDN
Binakal Bondowoso; dan 2)
Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Binakal
Bondowso, dimulai pada tanggal 21 Januari 2013 sampai tanggal 4 Mei 2013. Subyek
penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 23 anak, terdiri dari 11 lakilaki
dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan
kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan masing-masing siklus
terdiri dari dua kali pertemuan. Pertemuan pertama merupakan tindakan pembelajaran
menggunakan metode problem solving, dan pertemuan kedua merupakan pemberian
postest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Siklus kedua merupakan perbaikan dari
siklus pertama. Analisis data pada akhir siklus diketahui aktivitas belajar mengalami
peningkatan dari pra siklus sebesar 42,17% menjadi 74,34% pada siklus I.
peningkatan dari pra silus ke siklus I sebesar 32,17%. Sedangkan pada siklus II
terjadi peningkatan sebesar 11,52% dari siklus I sebesar 74,34% menjadi siklus II
sebesar 85,86%. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 60,8%
menjadi 73,91% pada siklus II. Hasil belajar siswa meningkat sebesar 13,11% dari
pra siklus ke siklus I. sedangkan Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami
peningkatan sebesar 12,94% dari siklus I sebesar 73,91% menjadi siklus II sebesar
86,85%.
Guru disarankan menggunakan metode problem solving untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan meningkatnya aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas IVdalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di
lingkungan setempat di SDN Binakal Bondowoso pada siklus I dan siklus II.