ANALISIS EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada BBC Gazebo Cafe Jember)
Abstract
Endang Kurniawati, 070810291197 melakukan penelitian dengan judul
Analisis Experiential Marketing terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas
pelanggan (studi pada BBC Gazebo Cafe Jember). Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh langsung strategi Experiential Marketing terhadap kepuasan
dan loyalitas pelanggan.
Penelitian ini dilakukan pada BBC Gazebo Cafe Jember dengan
mengumpulkan data menggunakan observasi dan kuisioner dengan jumlah responden
sebanyak 100 orang sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan metode
Convinience Sampling dengan teknik Accidental sampling yaitu peneliti memiliki
kebebasan memilih responden yang ditemui untuk diteliti dengan menggunakan
beberapa kriteria pembatas. Alasan penggunaan desain ini untuk memenuhi data yang
cukup dari segi kauntitas dengan prosedur pengambilan sampel yang lebih efisien.
Penelitian ini menggunakan analisia jalur (Path Analysis) sebagai alat
analisisnya. Jenis variabel yang diteliti yaitu variabel bebas (variabel independen),
variabel antara (variabel intervening) dan variabel terikat (variabel dependen).
Keseluruhan variabel diukur dengan menggunakan skala likert untuk menukur
variabel independen dan skal semantic diffrential untuk mengukur variabel
intervening dan variabel dependen. Hasil keseluruhan dari path analysis
membuktikan bahwa pengujian ini adalah pengujian verivikasi teori dari faktor –
faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan jangka panjang yaitu loyalitas. Hasil
penelitian ini membuktikan bahwa variabel experiential marketing yang berupa sense
(X1), feel (X2), think (X3), act (X4) dan Relate (X5) menciptakan kepuasan
pelanggan namun secara langsung dan keseluruhan berpengaruh secara langsung dan tidak langsung dalam menciptakan loyalitas pelanggan.