PELAKSANAAN KEGIATAN KEARSIPAN PADA KANTOR PUSAT UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Bidang Ilmu kesekretariatan berhubungan pada kegiatan korespondensi
dan kearsipan. Kearsipan pada dasarnya mempunyai peranan yang sangat
potensial bagi setiap organisasi karena merupakan suatu kumpulan warkat yang
disimpan secara sistematis agar setiap diperlukan dapat dengan mudah dan cepat
ditemukan kembali. Kearsipan yang teratur dan tertib sebagai alat informasi dan
referensi dasar yang sistematis dimana metodenya dapat membantu pimpinan
lembaga pemerintah atau swasta dalam menunjang kelancaran kegiatan
administrasi sehari-hari disegala bidang kegiatan. ( Hadi, 1991:23 )
Sistem kearsipan yang baik bagi suatu kantor adalah yang sesuai dengan
keadaan kantor. Sistem penyimpanan arsip tiap kantor berbeda dengan kantor
lainnya. Sistem yang dipakai dalam kearsipan harus yang mudah dipahami oleh
semua orang, bukan hanya untuk pegawai kearsipan saja tetapi juga oleh
pimpinan pegawai kantor lainnya yang ada hubungannya dengan pekerjaan
kearsipan.