Show simple item record

dc.contributor.authorLuh Titis Ayu Apriliyanda
dc.date.accessioned2013-12-04T07:47:30Z
dc.date.available2013-12-04T07:47:30Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM080210193020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4050
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pendidikan dan teknologi menuntut adanya perkembangan sumber daya manusia. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan. Menurut Priyono (dalam Kunandar, 2007:1) kualitas pendidikan Indonesia dianggap oleh banyak kalangan masih rendah karena yang dipelajari di lembaga pendidikan sering kali hanya terpaku pada teori, sehingga siswa kurang inovatif dan kreatif. Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan satuan pendidikan dalam mengelola proses pembelajaran dengan cara menerapkan strategi pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan guna mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Strategi yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang dalam proses belajar mengajar siswa mendapat pengetahuan yang bermakna, dan terjadinya perubahan perilaku yang baik yang dapat dilihat dari partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Metode pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode pembelajaran diskusi berbasis Lesson Study. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran diskusi berbasis Lesson Study terhadap aktivitas dan hasil belajar Biologi. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental, yaitu penelitian dengan cara menggunakan metode pembelajaran diskusi berbasis lesson study pada kelas eksperimen dan model pembelajaran secara konvensional pada kelas kontrol. vii Penelitian dilakukan pada bulan Februari minggu pertama hingga Maret minggu pertama tahun 2013. Penelitian dimulai dengan melaksanakan salah satu tahap lesson study yaitu plan yang dilaksanakan oleh peneliti, guru, dan observer untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Kemudian dilakukan tahap do yang merupakan observasi di kelas. Selanjutnya, dilakukan tahap see untuk merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan metode pembelajaran diskusi berbasis lesson study dengan menggunakan assessment portofolio terhadap aktivitas siswa pada mata pelajaran Biologi sub Kingdom Fungi dan Keanekaragaman Hayati kelas X semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SMA Negeri Kalisat dengan selisih rata-rata kelas eksperimen 4,88 lebih besar dari kelas kontrol. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan menggunakan independent sample t-test dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan metode pembelajaran diskusi berbasis lesson study dengan menggunakan assessment portofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi sub Kingdom Fungi dan Keanekaragaman Hayati kelas X semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SMA Negeri Kalisat. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu untuk peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 36,25. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran diskusi berbasis lesson study dengan menggunakan assessment portofolio terhadap aktivitas dan hasil belajar Biologi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193020;
dc.subjectLesson Studyen_US
dc.titlePENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN ASSESSMENT PORTOFOLIO (Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri Kalisat Tahun Pelajaran 2012/2013)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record