dc.description.abstract | Perkembangan ilmu pendidikan dan teknologi menuntut adanya
perkembangan sumber daya manusia. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk
meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan.
Menurut Priyono (dalam Kunandar, 2007:1) kualitas pendidikan Indonesia dianggap
oleh banyak kalangan masih rendah karena yang dipelajari di lembaga pendidikan
sering kali hanya terpaku pada teori, sehingga siswa kurang inovatif dan kreatif.
Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan satuan pendidikan dalam
mengelola proses pembelajaran dengan cara menerapkan strategi pembelajaran yang
efektif, efisien dan menyenangkan guna mencapai tujuan pembelajaran yang
diinginkan.
Strategi yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran
yang dalam proses belajar mengajar siswa mendapat pengetahuan yang bermakna,
dan terjadinya perubahan perilaku yang baik yang dapat dilihat dari partisipasi aktif
siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Metode pembelajaran yang
diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode pembelajaran
diskusi berbasis Lesson Study.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran
diskusi berbasis Lesson Study terhadap aktivitas dan hasil belajar Biologi. Penelitian
ini adalah penelitian quasi eksperimental, yaitu penelitian dengan cara menggunakan
metode pembelajaran diskusi berbasis lesson study pada kelas eksperimen dan model
pembelajaran secara konvensional pada kelas kontrol.
vii
Penelitian dilakukan pada bulan Februari minggu pertama hingga Maret
minggu pertama tahun 2013. Penelitian dimulai dengan melaksanakan salah satu
tahap lesson study yaitu plan yang dilaksanakan oleh peneliti, guru, dan observer
untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Kemudian
dilakukan tahap do yang merupakan observasi di kelas. Selanjutnya, dilakukan tahap
see untuk merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang
diperoleh, dianalisis dengan menggunakan ANAKOVA.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan metode
pembelajaran diskusi berbasis lesson study dengan menggunakan assessment
portofolio terhadap aktivitas siswa pada mata pelajaran Biologi sub Kingdom Fungi
dan Keanekaragaman Hayati kelas X semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di
SMA Negeri Kalisat dengan selisih rata-rata kelas eksperimen 4,88 lebih besar dari
kelas kontrol. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan menggunakan independent
sample t-test dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05).
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan metode
pembelajaran diskusi berbasis lesson study dengan menggunakan assessment
portofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi sub Kingdom
Fungi dan Keanekaragaman Hayati kelas X semester genap tahun pelajaran
2012/2013 di SMA Negeri Kalisat. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan adanya
peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan
dengan kelas kontrol yaitu untuk peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 36,25.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah
terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran diskusi berbasis lesson study
dengan menggunakan assessment portofolio terhadap aktivitas dan hasil belajar
Biologi. | en_US |