• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN ASSESSMENT PORTOFOLIO (Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri Kalisat Tahun Pelajaran 2012/2013)

    Thumbnail
    View/Open
    Luh Titis Ayu Apriliyanda - 080210193020_1.pdf (356.2Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Luh Titis Ayu Apriliyanda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan ilmu pendidikan dan teknologi menuntut adanya perkembangan sumber daya manusia. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan. Menurut Priyono (dalam Kunandar, 2007:1) kualitas pendidikan Indonesia dianggap oleh banyak kalangan masih rendah karena yang dipelajari di lembaga pendidikan sering kali hanya terpaku pada teori, sehingga siswa kurang inovatif dan kreatif. Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan satuan pendidikan dalam mengelola proses pembelajaran dengan cara menerapkan strategi pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan guna mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Strategi yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang dalam proses belajar mengajar siswa mendapat pengetahuan yang bermakna, dan terjadinya perubahan perilaku yang baik yang dapat dilihat dari partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Metode pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode pembelajaran diskusi berbasis Lesson Study. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran diskusi berbasis Lesson Study terhadap aktivitas dan hasil belajar Biologi. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental, yaitu penelitian dengan cara menggunakan metode pembelajaran diskusi berbasis lesson study pada kelas eksperimen dan model pembelajaran secara konvensional pada kelas kontrol. vii Penelitian dilakukan pada bulan Februari minggu pertama hingga Maret minggu pertama tahun 2013. Penelitian dimulai dengan melaksanakan salah satu tahap lesson study yaitu plan yang dilaksanakan oleh peneliti, guru, dan observer untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Kemudian dilakukan tahap do yang merupakan observasi di kelas. Selanjutnya, dilakukan tahap see untuk merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan metode pembelajaran diskusi berbasis lesson study dengan menggunakan assessment portofolio terhadap aktivitas siswa pada mata pelajaran Biologi sub Kingdom Fungi dan Keanekaragaman Hayati kelas X semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SMA Negeri Kalisat dengan selisih rata-rata kelas eksperimen 4,88 lebih besar dari kelas kontrol. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan menggunakan independent sample t-test dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan metode pembelajaran diskusi berbasis lesson study dengan menggunakan assessment portofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi sub Kingdom Fungi dan Keanekaragaman Hayati kelas X semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SMA Negeri Kalisat. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu untuk peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 36,25. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran diskusi berbasis lesson study dengan menggunakan assessment portofolio terhadap aktivitas dan hasil belajar Biologi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4050
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository