dc.contributor.author | Agus Wibowo | |
dc.date.accessioned | 2013-12-04T07:47:05Z | |
dc.date.available | 2013-12-04T07:47:05Z | |
dc.date.issued | 2013-12-04 | |
dc.identifier.nim | NIM090210204034 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4049 | |
dc.description.abstract | Salah satu kompetensi dasar yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan
membaca siswa kelas IV adalah menemukan kalimat utama pada tiap paragraf
melalui membaca intensif. Kenyataannya pada kelas IV SD Negeri Pancakarya 01
Jember aktivitas dan kemampuan membaca intensifnya masih tergolong rendah. Dari
42 siswa hanya 14 siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa
menunjukkan hanya 17 siswa dari jumlah 42 siswa yang tuntas belajar. Permasalahan
tersebut dapat diselesaikan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative
Integrated Reading and Composition
Rumusan masalah yang digunakan adalah: 1)
Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri Pancakarya 01 Jember dengan
subjek penelitian sejumlah 42 siswa, yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 24 siswa
perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
Hasil analisis aktivitas dan kemampuan membaca intensif siswa kelas IV SD
Negeri Pancakarya 01 Jember selama proses pembelajaran menggunakan model
CIRC pada siklus I mengalami peningkatan dari prasiklus. Pada siklus I, 8 siswa
tergolong sangat aktif. 17 siswa tergolong aktif. 10 siswa tergolong cukup aktif.
Sisanya, yaitu 7 siswa tergolong kurang aktif. Hasil belajar siswa menunjukkan
bahwa 1 siswa mendapat hasil belajar sangat baik. 10 siswa tergolong baik. 17 siswa
tergolong cukup baik. 12 siswa tergolong kurang baik. 2 siswa tergolong tidak baik.
Pada siklus II, yang tergolong sangat aktif meningkat menjadi 11 siswa. Yang
tergolong aktif masih tetap 17 siswa. Kriteria cukup aktif meningkat menjadi 11
siswa. Siswa yang tergolong kurang aktif berkurang menjadi 3 siswa. Hasil belajar
siswa yang tergolong sangat baik sejumlah 2 siswa. 11 siswa tergolong baik. 19 siswa
tergolong cukup baik. 9 siswa tergolong kurang baik. Yang tergolong tidak baik
berkurang menjadi 1 siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Cooperative Integrated Reading
and Composition | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 090210204034; | |
dc.subject | PENINGKATANAKTIVITAS DANKEMAMPUAN MEMBACAINTENSIF,..SD NEGERI PANCAKARYA 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013 TAHUN PELAJARAN 2012/2013 TAHUN PELAJAR | en_US |
dc.title | PENINGKATANAKTIVITAS DANKEMAMPUAN MEMBACAINTENSIF DENGANMENGGUNAKANMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READINGAND COMPOSITION READINGAND COMPOSITION READINGAND COMPOSITION TAHUN PELAJARAN 2012/2013 TAHUN PELAJARAN 2012/2013 TAHUN PELAJ | en_US |
dc.type | Other | en_US |