Show simple item record

dc.contributor.authorAgus Wibowo
dc.date.accessioned2013-12-04T07:47:05Z
dc.date.available2013-12-04T07:47:05Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210204034
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4049
dc.description.abstractSalah satu kompetensi dasar yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan membaca siswa kelas IV adalah menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif. Kenyataannya pada kelas IV SD Negeri Pancakarya 01 Jember aktivitas dan kemampuan membaca intensifnya masih tergolong rendah. Dari 42 siswa hanya 14 siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa menunjukkan hanya 17 siswa dari jumlah 42 siswa yang tuntas belajar. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Rumusan masalah yang digunakan adalah: 1) Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri Pancakarya 01 Jember dengan subjek penelitian sejumlah 42 siswa, yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Hasil analisis aktivitas dan kemampuan membaca intensif siswa kelas IV SD Negeri Pancakarya 01 Jember selama proses pembelajaran menggunakan model CIRC pada siklus I mengalami peningkatan dari prasiklus. Pada siklus I, 8 siswa tergolong sangat aktif. 17 siswa tergolong aktif. 10 siswa tergolong cukup aktif. Sisanya, yaitu 7 siswa tergolong kurang aktif. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa 1 siswa mendapat hasil belajar sangat baik. 10 siswa tergolong baik. 17 siswa tergolong cukup baik. 12 siswa tergolong kurang baik. 2 siswa tergolong tidak baik. Pada siklus II, yang tergolong sangat aktif meningkat menjadi 11 siswa. Yang tergolong aktif masih tetap 17 siswa. Kriteria cukup aktif meningkat menjadi 11 siswa. Siswa yang tergolong kurang aktif berkurang menjadi 3 siswa. Hasil belajar siswa yang tergolong sangat baik sejumlah 2 siswa. 11 siswa tergolong baik. 19 siswa tergolong cukup baik. 9 siswa tergolong kurang baik. Yang tergolong tidak baik berkurang menjadi 1 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Cooperative Integrated Reading and Compositionen_US
dc.relation.ispartofseries090210204034;
dc.subjectPENINGKATANAKTIVITAS DANKEMAMPUAN MEMBACAINTENSIF,..SD NEGERI PANCAKARYA 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013 TAHUN PELAJARAN 2012/2013 TAHUN PELAJARen_US
dc.titlePENINGKATANAKTIVITAS DANKEMAMPUAN MEMBACAINTENSIF DENGANMENGGUNAKANMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READINGAND COMPOSITION READINGAND COMPOSITION READINGAND COMPOSITION TAHUN PELAJARAN 2012/2013 TAHUN PELAJARAN 2012/2013 TAHUN PELAJen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record