PENINGKATANAKTIVITAS DANKEMAMPUAN MEMBACAINTENSIF DENGANMENGGUNAKANMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READINGAND COMPOSITION READINGAND COMPOSITION READINGAND COMPOSITION TAHUN PELAJARAN 2012/2013 TAHUN PELAJARAN 2012/2013 TAHUN PELAJ
Abstract
Salah satu kompetensi dasar yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan
membaca siswa kelas IV adalah menemukan kalimat utama pada tiap paragraf
melalui membaca intensif. Kenyataannya pada kelas IV SD Negeri Pancakarya 01
Jember aktivitas dan kemampuan membaca intensifnya masih tergolong rendah. Dari
42 siswa hanya 14 siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa
menunjukkan hanya 17 siswa dari jumlah 42 siswa yang tuntas belajar. Permasalahan
tersebut dapat diselesaikan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative
Integrated Reading and Composition
Rumusan masalah yang digunakan adalah: 1)
Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri Pancakarya 01 Jember dengan
subjek penelitian sejumlah 42 siswa, yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 24 siswa
perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
Hasil analisis aktivitas dan kemampuan membaca intensif siswa kelas IV SD
Negeri Pancakarya 01 Jember selama proses pembelajaran menggunakan model
CIRC pada siklus I mengalami peningkatan dari prasiklus. Pada siklus I, 8 siswa
tergolong sangat aktif. 17 siswa tergolong aktif. 10 siswa tergolong cukup aktif.
Sisanya, yaitu 7 siswa tergolong kurang aktif. Hasil belajar siswa menunjukkan
bahwa 1 siswa mendapat hasil belajar sangat baik. 10 siswa tergolong baik. 17 siswa
tergolong cukup baik. 12 siswa tergolong kurang baik. 2 siswa tergolong tidak baik.
Pada siklus II, yang tergolong sangat aktif meningkat menjadi 11 siswa. Yang
tergolong aktif masih tetap 17 siswa. Kriteria cukup aktif meningkat menjadi 11
siswa. Siswa yang tergolong kurang aktif berkurang menjadi 3 siswa. Hasil belajar
siswa yang tergolong sangat baik sejumlah 2 siswa. 11 siswa tergolong baik. 19 siswa
tergolong cukup baik. 9 siswa tergolong kurang baik. Yang tergolong tidak baik
berkurang menjadi 1 siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Cooperative Integrated Reading
and Composition
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kesehatan Bank Mandiri dengan menggunakan metode CAMELS pada tahun 2003-2010 dan untuk menganalisis perkembangan kinerja keuangan Bank Mandiri antara tahun 2003-2010. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan analisis rasio CAMELS (Capital, Asset Quality, Management, Earning, Liquidity, dan Sensitivity to Market Risk) untuk menganalisis laporan tahunan (Annual Report) periode 2003-2010. Analisis data yang digunakan adalah deskripsi yang menggambarkan hasil analisis CAMELS. Berdasarkan hasil analisis kesehatan bank dengan metode CAMELS (Capital, Asset, Management, Earnings, Liquidity, and Sensitivity to Market Risk), dapat disimpulkan bahwa PT. Bank Mandiri, Tbk mendapat predikat sehat, baik untuk tahun 2003 sampai dengan tahun 2010. Tingkat kesehatan bank berdasarkan metode CAMELS (Capital, Asset, Management, Earnings, Liquidity, and Sensitivity to Market Risk), dijelaskan bahwa Tingkat Kesehatan (TKS) PT. Bank Mandiri, Tbk dalam kurun waktu 8 tahun tahun terakhir yaitu tahun 2003-2010 mendapat predikat sehat. Meskipun selama 8 tahun terakhir mengalami kenaikan dan penurunan diakibatkan oleh kondisi ekonomi dan kondisi makro perbankan tetapi tetap dikategorikan bank yang sehat selama 8 tahun periode. Penilaian kinerja PT. Bank Mandiri, Tbk dalam kurun waktu 8 tahun tahun terakhir yaitu tahun 20032010 mengalami perkembangan yang fluktuatif sehingga mengalami penilaian kinerja yang dikatakan naik turun selama periode penelitian. Meskipun demikian perkembangan yang fluktuatif tersebut dinilai baik karena tiap tahun masih berada dalam kondisi yang “sehat” kecuali pada tahun 2005 yang berada dalam kondisi “cukup sehat”.
AINUN SAFITRI FARLIYASARI (2014-01-22)Dalam meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan kerja sama dari berbagai pihak. Pendidikan Informal merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar seorang siswa. Pendidikan Informal tersebut ... -
Kota Batu merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang dikenal sebagai daerah tujuan wisata yang bernuansa alam pegunungan baik ditingkat regional maupun internasional. Sebelum berstatus sebagai Pemerintah Kota (Pemkot), Kota Batu merupakan salah satu bagian kecamatan dalam wilayah Kabupaten Malang dan tahun 1993 ditingkatkan statusnya menjadi Kota Administratif (Kotatif). Kemajuankemajuan Kotatif Batu yang terus meningkat setiap tahun telah mengindikasikan Kotatif Batu seperti daerah perkotaan. Di Kotatif Batu telah terdapat sarana dan prasarana perkotaan seperti PDAM, PLN, jalan raya, telekomunikasi, hotel berbintang, villa, bank, pasar dan swalayan, terminal, sarana kesehatan, kantor administrasi pemerintahan, fasilitas pendidikan dan sebagainya. Perkembangan pesat Kotatif Batu membuat Bupati Malang, Abdul Hamid, memunculkan gagasan untuk meningkatkan status Kotatif Batu menjadi Pemkot. Namun sampai tahun 1999 pembentukan Pemkot Batu belum terealisasi. Berlakunya UU Nomor 22 Tahun 1999 juga berdampak bagi usaha peningkatan status Kotatif Batu karena sebagian besar masyarakat Kotatif Batu meninginkan berubahnya status Kotatif Batu menjadi Pemkot.
Dilyana Timoryani (2014-01-29)Tingkat produktivitas tanah dipengaruhi oleh faktor alam dan pengelolaannya oleh manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan Indeks Produktivitas Tanah di berbagai penggunaan lahan pada Sub-sub DAS Jompo ... -
PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR BELAJAR BELAJAR PEMECAHAN PEMECAHAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MELALUI MELALUI BELAJAR MELALUI MELALUI PENERAPAN MASALAH MASALAH MASALAH (PBM) (PBM) MASALAH (PBM) MASALAH MASALAH PEMECAHAN MASALAH PENERAPAN PENERAPAN DAN DAN MASALAH DAN PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN DENGAN (PBM) DENGAN PELAJARAN PELAJARAN PELAJARAN HASIL HASIL DAN HASIL PEMBELAJARAN BERBASIS METODE METODE DENGAN METODE BIOLOGI BIOLOGI PELAJARAN BIOLOGI EKSPERIMEN EKSPERIMEN METODE EKSPERIMEN (SISWA (SISWA BIOLOGI (SISWA MUHAMMADIYAH MUHAMMADIYAH MUHAMMADIYAH MUHAMMADIYAH 2 MATERI MATERI MATERI 2 2 HASIL BERBASIS BERBASIS BERBASIS PADA PADA EKSPERIMEN PADA KELAS KELAS (SISWA KELAS X.6 X.6 KELAS X.6 SMA SMA X.6 SMA GENTENG-BANYUWANGI, GENTENG-BANYUWANGI, 2 GENTENG-BANYUWANGI, GENTENG-BANYUWANGI, PENCEMARAN PENCEMARAN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN LINGKUNGAN PENCEMARAN LINGKUNGAN TAHUN TAHUN TAHUN PELAJARAN PELAJARAN TAHUN PELAJARAN PROGRAM PROGRAM PROGRAM LINGKUNGAN 2012-2013
Lendy Destalia (2013-12-04)Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Biologi merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari segala hal ...