PENGGUNAAN MEDIA TIRUAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PEMAHAMAN SISWA
Abstract
Hasil penelitian dapat diketahui dengan penggunaan media tiruan terbukti
dapat meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri
Arjasa Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013 pada mata pelajaran akuntansi
kompetensi dasar mencatat transaksi ke dalam jurnal umum pada perusahaan jasa.
Peningkatan keterampilan belajar tersebut dapat dilihat dari skor ratarataketerampilan
siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 1,97 dan pada siklus II
adalah 2,54. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan belajar siswa meningkat dari
kategori rendah menjadi tinggi. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 62,85%
yang masih belum mencapai ketuntasan secara klasikal dan ketuntasan belajar pada
siklus II mencapai 85,71%, yang berarti pada siklus II telah mencapai Kriteria
Ketuntasan Minimum yang ditetapkan oleh sekolah