Show simple item record

dc.contributor.authorAde Putri
dc.date.accessioned2013-12-04T07:22:55Z
dc.date.available2013-12-04T07:22:55Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210204023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3982
dc.description.abstractBerdasarkan kurikulum Sekolah Dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia Khususnya kelas IV menuntut agar siswa mampu membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema sesuai dengan ciri-ciri pantun. Namun kenyataannya yang ditemukan di lapangan siswa tidak mampu membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema sesuai dengan ciri-ciri pantun. Oleh karena itu peneliti menerapkan pendekatan kontekstual dengan media objek langsung yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat pantun. Hasil observasi awal di SDN 2 Battal kelas IV, keterampilan siswa untuk menulis masih sangat terbatas karena tidak adanya media yang dipakai oleh guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, terlebih lagi untuk dapat menulis pantun siswa kesulitan dalam membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema sesuai dengan ciri-ciri pantun. Masalah ini disebabkan menulis pantun siswa kelas IV semester II SD Negeri 2 Battal Tahun pelajaran 2012/2013 setelah melalui pendekatan kontekstual dengan media objek langsung. Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN 2 Battal tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 25 siswa yang terdiri atas 13 laki-laki dan 12 perempuan. Sumber data yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN 2 Battal. Jenis penelitian adalah PTK dan teknik memperoleh data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan menulis pantun siswa secara klasikal yaitu sebesar 65% dan mengalami peningkatan sebesar 18% sehingga pada siklus II menjadi 83%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual dengan media objek langsung berjalan dengan baik meskipun pada siklus I terdapat beberapa kendala, namun kendala tersebut dapat diatasi pada siklus II. Penerapan pendekatan kontekstual dengan media objek langsung dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa kelas IV SDN 2 Battal. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, Bagi guru, diharapkan mampu menerapkan pendekatan kontekstual dengan media objek langsung dalam melaksanakan pembelajaran menulis pantun dengan baik dan benar. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat mengembangkan penelitian untuk menemukan hasil baru dan mengarah pada kebaikan hingga akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi banyak orangen_US
dc.relation.ispartofseries090210204023;
dc.subjectMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI ,...AHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN 2 BATTAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record