• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN 2 BATTAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Ade Putri - 090210204023.pdf (1.607Mb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Ade Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan kurikulum Sekolah Dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia Khususnya kelas IV menuntut agar siswa mampu membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema sesuai dengan ciri-ciri pantun. Namun kenyataannya yang ditemukan di lapangan siswa tidak mampu membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema sesuai dengan ciri-ciri pantun. Oleh karena itu peneliti menerapkan pendekatan kontekstual dengan media objek langsung yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat pantun. Hasil observasi awal di SDN 2 Battal kelas IV, keterampilan siswa untuk menulis masih sangat terbatas karena tidak adanya media yang dipakai oleh guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, terlebih lagi untuk dapat menulis pantun siswa kesulitan dalam membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema sesuai dengan ciri-ciri pantun. Masalah ini disebabkan menulis pantun siswa kelas IV semester II SD Negeri 2 Battal Tahun pelajaran 2012/2013 setelah melalui pendekatan kontekstual dengan media objek langsung. Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN 2 Battal tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 25 siswa yang terdiri atas 13 laki-laki dan 12 perempuan. Sumber data yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN 2 Battal. Jenis penelitian adalah PTK dan teknik memperoleh data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan menulis pantun siswa secara klasikal yaitu sebesar 65% dan mengalami peningkatan sebesar 18% sehingga pada siklus II menjadi 83%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual dengan media objek langsung berjalan dengan baik meskipun pada siklus I terdapat beberapa kendala, namun kendala tersebut dapat diatasi pada siklus II. Penerapan pendekatan kontekstual dengan media objek langsung dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa kelas IV SDN 2 Battal. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, Bagi guru, diharapkan mampu menerapkan pendekatan kontekstual dengan media objek langsung dalam melaksanakan pembelajaran menulis pantun dengan baik dan benar. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat mengembangkan penelitian untuk menemukan hasil baru dan mengarah pada kebaikan hingga akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi banyak orang
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3982
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository