MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN 2 BATTAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Berdasarkan kurikulum Sekolah Dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia
Khususnya kelas IV menuntut agar siswa mampu membuat pantun anak yang
menarik tentang berbagai tema sesuai dengan ciri-ciri pantun. Namun
kenyataannya yang ditemukan di lapangan siswa tidak mampu membuat pantun
anak yang menarik tentang berbagai tema sesuai dengan ciri-ciri pantun. Oleh
karena itu peneliti menerapkan pendekatan kontekstual dengan media objek
langsung yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
membuat pantun.
Hasil observasi awal di SDN 2 Battal kelas IV, keterampilan siswa untuk
menulis masih sangat terbatas karena tidak adanya media yang dipakai oleh guru
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, terlebih lagi untuk dapat menulis pantun
siswa kesulitan dalam membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema
sesuai dengan ciri-ciri pantun. Masalah ini disebabkan
menulis pantun siswa kelas IV semester II SD Negeri 2 Battal Tahun pelajaran
2012/2013 setelah melalui pendekatan kontekstual dengan media objek langsung.
Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk
Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN 2 Battal
tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 25 siswa yang terdiri atas 13 laki-laki
dan 12 perempuan. Sumber data yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN 2
Battal. Jenis penelitian adalah PTK dan teknik memperoleh data dalam penelitian
ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri
atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan menulis
pantun siswa secara klasikal yaitu sebesar 65% dan mengalami peningkatan
sebesar 18% sehingga pada siklus II menjadi 83%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual
dengan media objek langsung berjalan dengan baik meskipun pada siklus I
terdapat beberapa kendala, namun kendala tersebut dapat diatasi pada siklus II.
Penerapan pendekatan kontekstual dengan media objek langsung dapat
meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa kelas IV SDN 2 Battal.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, Bagi guru, diharapkan
mampu menerapkan pendekatan kontekstual dengan media objek langsung dalam
melaksanakan pembelajaran menulis pantun dengan baik dan benar. Bagi peneliti
lain, hendaknya dapat mengembangkan penelitian untuk menemukan hasil baru
dan mengarah pada kebaikan hingga akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi
banyak orang