Show simple item record

dc.contributor.authorAlfindora Maristafinalis Achmadewisari
dc.date.accessioned2013-12-04T07:12:51Z
dc.date.available2013-12-04T07:12:51Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210103055
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3953
dc.description.abstractPembelajaran biologi merupakan pembelajaran yang menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung yang berorientasi pada produk, proses, sikap, dan kreativitas. Kecenderungan siswa yang hanya menghafal materi tanpa adanya pemahaman terhadap materi tersebut dan ditambah lagi ketidakhadiran peran aktif siswa dalam proses pembelajaran menyebabkan rendahnya mutu pendidikan. Dengan demikian guru dituntut untuk mampu menciptakan pembelajaran yang efektif dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran adalah dengan menerapkan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Model pembelajaran CIRC adalah model pembelajaran yang menempatkan siswa bekerja dalam kelompok untuk membuat penjelasan terhadap solusi dari permasalahan dalam suatu materi yang diberikan, sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Perpaduan model pembelajaran CIRC dengan peta konsep dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep materi pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC dengan peta konsep terhadap keterampilan berpikir kritis siswa; (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC dengan peta konsep terhadap hasil belajar IPA-Biologi siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment atau eksperimen semu. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 11 Jember kelas VII, yang berjumlah enam kelas. Sampel ditentukan dengan metode cluster random sampling setelah dilakukan uji homogenitas terhadap nilai UTS biologi semester viii genap. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah random group pretest and posttest design. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data nilai UTS berdistribusi normal. Namun, hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa data nilai UTS kelas VII dari keenam kelas bersifat tidak homogen, sehingga dipilih dua kelas yang mempunyai perbedaan mean paling kecil, yaitu kelas VII A dan VII D. Hasil uji homogenitas kedua kelas tersebut menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut bersifat homogen (p=0,411). Setelah dilakukan pengundian terhadap kedua kelas tersebut diperoleh kelas VII D sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran CIRC dengan peta konsep dan VII A sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (metode yang biasa digunakan oleh guru biologi di SMP Negeri 11 Jember). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih rerata nilai persentase pretest dan posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi, yaitu sebesar 31,62% jika dibandingkan dengan kelas kontrol dengan selisih rerata sebesar 27,02%. Hasil uji ANAKOVA terhadap keterampilan berpikir kritis menunjukkan nilai probabilitas sebesar (p)= 0,029. Perhitungan hasil belajar kognitif siswa menunjukkan bahwa selisih rerata nilai pretest dan posttest kelas eksperimen lebih tinggi, yaitu sebesar 32,60 jika dibandingkan dengan kelas kontrol dengan selisih rerata sebesar 26,86. Berdasarkan uji ANAKOVA terhadap nilai hasil belajar kognitif siswa diperoleh nilai probabilitas sebesar (p)= 0,010. Penilaian ranah afektif pada pertemuan 1 dan 2 menunjukkan bahwa selisih rerata nilai afektif pada kelas eksperimen lebih tinggi, yaitu sebesar 8,12 jika dibandingkan dengan kelas kontrol dengan selisih rerata sebesar 5,56. Hasil uji t menunjukkan nilai probabilitas kedua kelas pada pertemuan 1 dan 2 sebesar (p)= 0,762 dan (p)= 0,428. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC dengan peta konsep terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (p= 0,029); (2) terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC dengan peta konsep terhadap hasil belajar kognitif siswa (p= 0,010), tetapi tidak terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC dengan peta konsep terhadap hasil belajar afektif siswa (p> 0,05).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210103055;
dc.subjectCooperative Integrated Reading and Compositionen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN PETA KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record