• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN PETA KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    Alfindora Maristafinalis Achmadewisari - 090210103055_1.pdf (1.063Mb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Alfindora Maristafinalis Achmadewisari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran biologi merupakan pembelajaran yang menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung yang berorientasi pada produk, proses, sikap, dan kreativitas. Kecenderungan siswa yang hanya menghafal materi tanpa adanya pemahaman terhadap materi tersebut dan ditambah lagi ketidakhadiran peran aktif siswa dalam proses pembelajaran menyebabkan rendahnya mutu pendidikan. Dengan demikian guru dituntut untuk mampu menciptakan pembelajaran yang efektif dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran adalah dengan menerapkan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Model pembelajaran CIRC adalah model pembelajaran yang menempatkan siswa bekerja dalam kelompok untuk membuat penjelasan terhadap solusi dari permasalahan dalam suatu materi yang diberikan, sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Perpaduan model pembelajaran CIRC dengan peta konsep dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep materi pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC dengan peta konsep terhadap keterampilan berpikir kritis siswa; (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC dengan peta konsep terhadap hasil belajar IPA-Biologi siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment atau eksperimen semu. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 11 Jember kelas VII, yang berjumlah enam kelas. Sampel ditentukan dengan metode cluster random sampling setelah dilakukan uji homogenitas terhadap nilai UTS biologi semester viii genap. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah random group pretest and posttest design. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data nilai UTS berdistribusi normal. Namun, hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa data nilai UTS kelas VII dari keenam kelas bersifat tidak homogen, sehingga dipilih dua kelas yang mempunyai perbedaan mean paling kecil, yaitu kelas VII A dan VII D. Hasil uji homogenitas kedua kelas tersebut menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut bersifat homogen (p=0,411). Setelah dilakukan pengundian terhadap kedua kelas tersebut diperoleh kelas VII D sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran CIRC dengan peta konsep dan VII A sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (metode yang biasa digunakan oleh guru biologi di SMP Negeri 11 Jember). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih rerata nilai persentase pretest dan posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi, yaitu sebesar 31,62% jika dibandingkan dengan kelas kontrol dengan selisih rerata sebesar 27,02%. Hasil uji ANAKOVA terhadap keterampilan berpikir kritis menunjukkan nilai probabilitas sebesar (p)= 0,029. Perhitungan hasil belajar kognitif siswa menunjukkan bahwa selisih rerata nilai pretest dan posttest kelas eksperimen lebih tinggi, yaitu sebesar 32,60 jika dibandingkan dengan kelas kontrol dengan selisih rerata sebesar 26,86. Berdasarkan uji ANAKOVA terhadap nilai hasil belajar kognitif siswa diperoleh nilai probabilitas sebesar (p)= 0,010. Penilaian ranah afektif pada pertemuan 1 dan 2 menunjukkan bahwa selisih rerata nilai afektif pada kelas eksperimen lebih tinggi, yaitu sebesar 8,12 jika dibandingkan dengan kelas kontrol dengan selisih rerata sebesar 5,56. Hasil uji t menunjukkan nilai probabilitas kedua kelas pada pertemuan 1 dan 2 sebesar (p)= 0,762 dan (p)= 0,428. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC dengan peta konsep terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (p= 0,029); (2) terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC dengan peta konsep terhadap hasil belajar kognitif siswa (p= 0,010), tetapi tidak terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC dengan peta konsep terhadap hasil belajar afektif siswa (p> 0,05).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3953
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository