Show simple item record

dc.contributor.authorAULIA DWI ETIKA
dc.date.accessioned2013-12-04T07:10:23Z
dc.date.available2013-12-04T07:10:23Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM070210301084
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3942
dc.description.abstractKemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X-F MAN Jember 1 dalam proses belajar mengajar Ekonomi masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan kelas X yang lain. Keadaan ini disebabkan oleh penggunaan metode guru dalam mengajar menggunakan metode ceramah. Berdasarkan hal tersebut, perlu penerapan metode Inquiry dalam proses belajar mengajar. Penerapan metode Inquiry diharapkan mampu membantu proses belajar mengajar sehingga siswa mempunyai kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang tinggi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi antara guru dan peneliti yang bertujuan untuk: 1) untuk mendeskripsikan penerapan metode Inquiry di kelas X-F MAN Jember 1 Kompetensi Dasar Uang dan Perbankan tahun ajaran 2011/2012 . 2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan metode Inquiry di kelas X-F MAN Jember 1 Kompetensi Dasar Uang dan Perbankan tahun ajaran 2011 /2012. 3) meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Inquiry di kelas X-F MAN Jember 1 Kompetensi Dasar Uang dan Perbankan Semester Genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan di kelas X-F MAN Jember 1. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan /pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. viii Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, yang dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I, diketahui skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 2,3 dengan kategori sedang dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 3,1 dengan kategori tinggi. Hasil tes siswa yang diperoleh dari siswa menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata ulangan siswa sebesar 63,41 (kategori cukup). Sedangkan, nilai rata-rata tugas siswa pada siklus II sebesar 81,82 (kategori baik). Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penerapan metode Inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Peneliti memberi saran kepada guru ekonomi MAN Jember 1 yaitu, metode Inquiry dapat dijadikan sebagai alternatif metode dalam pembelajaran, yang da pat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa terhadap suatu materi ajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301084;
dc.subjectBerpikir Kritis, Metode Inquiry, Hasil Belajar.en_US
dc.titlePENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X-F Madrasah Aliyah Negeri Jember 1 Mata Pe lajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Uang dan Perbankan Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record