• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SDLBN C TAMANAGUNG KECAMATAN CLURING KABUPATEN BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    HENI ROSIDA PUSPITASARI_1.pdf (1.896Mb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Heni Rosida Puspitasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahasa sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu, setiap aktivitas manusia tidak terlepas dari bahasa. Dalam kehidupan berbahasa, kosakata berperan penting sebagai proses komunikasi dalam masyarakat. Terampil tidaknya seseorang menggunakan bahasa, dapat diketahui dari kosakata yang dikuasainya. Semakin banyak kosakata yang dikuasai, semakin besar kemungkinan seseorang terampil dalam berbahasa Indonesia. Pada anak tunagrahita penguasaan kosakata sangat penting untuk dikuasai dalam kehidupan sehari-hari karena anak tunagrahita adalah anak yang mamiliki keterbalakangan mental atau keterlambatan proses perkembangan dalam bidang intelegensi dan tingkah laku sosial sehingga memerlukan sekolah khusus yaitu SLB. Dari pernyataan tersebut penulis melakukan penelitian mengenai penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada anak tunagrahita di SDLBN C Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi dan permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah; (1) bagaimana tingkat penguasaan kosakata pada anak tunagrahita di SDLBN C Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi, (2) faktor yang mempengaruhi penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada anak tunagrahita di SDLBN C Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada anak tunagrahita di SDLBN Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi, (2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada anak tunagrahita di SDLBN Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. viii Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dan metode kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Sample dalam penelitian ini terdiri atas dua belas anak tunagrahita yang berasal dari keluarga pegawai, pedagang dan petani. Data penelitian ini berupa jawaban dari anak tunagrahita dalam menyebutkan gambar yang ditunjukkan. Penyediaan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, dalam melakukan wawancara memakai pedoman wawancara tidak terstruktur yaitu bertanya langsung kepada anak, guru dan orang tua. Dalam menganalisis penulis menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis data berupa berupa angka dan analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang tidak berupa angka yaitu berupa katakata atau kalimat sedangkan metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode formal dan metode informal. Dari hasil penelitian dapat diperoleh penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada anak tunagrahita di SDLBN C Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi berdasarkan kemampuannya yaitu 80% termasuk dalam ketegori mampu dan 20% dalam kategori sedang. Jenis kosakata yang banyak dikuasai anak tunagrahita adalah kosakata benda yaitu mencapai 80% karena anak sering mengetahui benda-benda yang ada disekitarnya, terutama pada anak yang orang tuanya sebagai pegawai. Faktor-faktor yang mempengaruhinya meliputi: faktor pekerjaan orang tua, faktor fasilitas di rumah, faktor penggunaan bahasa Indonesia di luar sekolah, faktor kesalahan dalam menyebutkan gambar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada anak tunagrahita dalam kategori mampu dan kosakata yang bersifat konkret lebih mudah dipahami dari pada kosakata yang bersifat abstrak serta faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut sangat berpengaruh terhadap penguasaan kosakata anak tunagrahita
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3911
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2307]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository