ANALISIS DISKRIMINAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE BLACKBERRY (Studi pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Jember)
Abstract
Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis ekuitas merek
yang dapat membedakan keputusan pembelian handphone BlackBerry di Jember.
Penelit ian ini merubah explanatory research yang dilakukan dengan metode survai.
Metode pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling yang mana
ditentukan terlebih dahulu beberapa kriteria untuk menjaring responden yang benarbenar
memenuhi syarat. Data dikumpulkan berdasarkan jawaban responden yang
berasal dari daftar pertanyaan (kuesioner) yang diajukan.
Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriminan, diperoleh persamaan
Z = 0,558X1 + 0,341 X2 + 0,402 X3 + 0,470X4. Keempat variabel yang terpilih
sebagai yang paling dapat membedakan konsumen membeli dan tidak membeli
adalah variabel kesadaran merek (X1) dilihat dari besaran koefisien diskriminannya
sebesar 0,558. Urutan kedua diikuti variabel loyalitas merek (X4) dengan koefisien
sebesar 0,470. Selanjutnya diikuti o leh variabel asosiasi merek (X3) dengan koefisien
sebesar 0,402. Untuk variabel independen yang mempunyai pembeda paling kecil
adalah variabel persepsi kualit as (X2) dengan koefisien sebesar 0,341. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat faktor-faktor yang secara signifikan membedakan
keputusan pembelian konsumen dalam membeli dan t idak membeli handphone
BlackBerry. Faktor yang signifikan tersebut terdiri dari empat variabel yaitu
kesadaran merek, persepsi kualit as, asosiasi merek, dan loyalitas merek. Penelit ian ini
memberikan informasi yang dapat digunakan oleh distributor handphone BlackBerr y
di Jember sebagai acuan untuk memperbaiki ekuitas mereknya sehingga dapat
meningkatkan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian.