dc.description.abstract | Proses otomatisasi Claw Machine yang semula merupakan sarana permainan di
banyak pusat perbelanjaan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Dalam
penelitian ini otomatisasi yang dilakukan adalah pencarian posisi obyek dan
pengambilan obyek tertentu sesuai warna yang diminta tanpa menggunakan remote
control. Untuk itu, dalam penelitian ini penulis melakukan beberapa tahapan.
Tahapan pertama yang digunakan yaitu proses pencarian obyek berwarna
menggunakan sensor berupa kamera. Hasil dari image processing adalah area yang
terbagi menjadi sektor-sektor dengan nilai RGB pada tiap-tiap sektornya. Kemudian
nilai RGB ini dirubah kedalam bentuk indeks RGB dan diolah dengan logika fuzzy
untuk mendapatkan jenis warna obyek pada masing-masing sektor. Tahapan kedua
yaitu proses penentuan letak dan pengambilan obyek. Mekanik pada mesin mencakup
pergerakan motor pada sumbu X, sumbu Y, dan sumbu Z. Motor X dan Y digunakan
untuk menuju sektor letak obyek dengan warna yang dikehendaki, sedangkan motor
Z digunakan untuk mengambil obyek. Pengujian dilakukan sebanyak 10 kali terhadap
empat warna dengan tingkat keberhasilan 77.42% untuk warna merah, 94.78% untuk
warna kuning, 81.03% untuk warna hijau, dan 86.25% untuk warna biru. Untuk
pengujian pengambilan obyek diperoleh tingkat keberhasilan 81% untuk pengambilan
satu obyek dan 80.75% untuk pengambilan tiga obyek. | en_US |