• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BESTEK-KREATIF TIPE ERUPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM KEGIATAN DISKUSI PADA SISWA KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI ARJASA

    Thumbnail
    View/Open
    Putri Betyas Noer Fadhila - 090210402087.pdf (1.020Mb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Putri Betyas Noer Fadhila
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan model pembelajaran Bestek-Kreatif tipe ERUPT bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa. Hal tersebut dilakukan karena keterampilan berbicara siswa rendah. Dari 36 siswa, sebanyak 26 siswa atau 73% mendapatkan nilai ≤ 75, sehingga tidak memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Siswa lebih menyukai menulis, daripada berbicara. Metode ERUPT memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih mengerjakan, melakukan, mempraktikkan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang diajarkan, pemberdayaan ahli atau teman sebagai narasumber dan memodifikasi kebiasaan negatif “mencontek” menjadi cara belajar positif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran Bestek-Kreatif tipe ERUPT untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa setelah diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran Bestek-Kreatif tipe ERUPT. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: (1) penerapan model pembelajaran Bestek-Kreatif Tipe ERUPT untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam kegiatan diskusi kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa (2) peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam kegiatan diskusi kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa setelah diterapkan model pembelajaran Bestek-Kreatif Tipe ERUPT. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan bersifat partisipan. Data pada penelitian ini berupa hasil pengamatan pada siswa dan guru saat penerapan metode ERUPT untuk keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi, hasil belajar siswa setelah penerapan metode ERUPT untuk keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi, dan hasil wawancara terhadap siswa dan guru. Sumber data dalam penelitian ini adalah 36 siswa dan guru matapelajaran bahasa Indonesia kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa. Hasil penelitian keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa setelah diterapkan model pembelajaran Bestek-Kreatif tipe ERUPT mengalami peningkatan.siswa yang mencapai ketuntasan hasil tes keterampilan berbicara dengan nilai ≥ 75 pada tahap prasiklus adalah 19,5% atau 7 siswa, tahap siklus I adalah 44,5% atau 16 siswa, dan tahap siklus II, sebanyak 86% atau 31 siswa. Simpulan yang diambil adalah penerapan metode ERUPT yang meningkatkan keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa berlangsung dengan tahap menggali kemampuan siswa, menceritakan kembali penjelasan guru, dan tes. Keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan yaitu, pada prasiklus 19,5%, tahap siklus I meningkat menjadi 44,5%, dan yang mencapai kriteria ketuntasan siklus II meningkat lagi menjadi 86% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Selanjutnya saran yang dapat diberikan, yaitu: 1) bagi guru bahasa Indonesia harus menjelaskan tentang model pembelajaran Bestek-Kreatif tipe ERUPT agar siswa tidak mengalami kendala pada saat proses belajar mengajar; 2) bagi siswa yang sudah mencapai ketuntasan hasil tes keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi, disarankan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kembali keterampilan berbicaranya; 3) bagi peneliti lain disarankan merencanakan pembelajaran seoptimal mungkin, dan 4) bagi penggagas metode ERUPT untuk lebih mengatur kefektifan waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan metode ERUPT.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3784
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15286]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository