KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ARJASA KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1
Arjasa masih tergolong sangat kurang. Kenyataan yang demikian disebabkan oleh
kurangnya penguasaan kosakata sehingga berakibat pada kemampuan pemahaman
siswa dalam memahami puisi yang pada umumnya di bawah rata-rata. Adapun
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah kemampuan
memahami isi puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Situbondo
tahun pelajaran 2012-2013?, 2) dan faktor-faktor apasajakah yang memengaruhi
kemampuan membaca pemahaman sastra khususnya memahami isi puisi siswa
kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 20122013?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan
memahami isi puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Situbondo
tahun pelajaran 2012-2013; 1) Faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan
membaca pemahaman sastra khususnya memahami isi puisi siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Arjasa Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2012-2013; dengan
manfaat sebagai berikut: 1) Bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia, diharapkan
hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi atau pertimbangan untuk
melakukan berbagai alternatif pembelajaran berkenaan dengan kasus serupa yang
menjadi objek dalam penelitian ini, untuk meningkatkan kemampuan membaca
siswa dan 2) bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
sumbangan pemikiran dalam melakukan penelitian lebih lanjut di bidang
pembelajaran, yang berkaitan dengan tingkat kemampuan membaca pamahaman
siswa khususnya sastra, guna meningkatkan kualitas output pendidikan.
Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan rancangan penelitian
deskriptif. Daerah atau tempat yang dijadikan penelitian ini adalah SMP Negeri 1
Arjasa Kabupaten Situbondo. Responden pada penelitian ini berjumlah 50 siswa
di SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Situbondo. Data dalam penelitian ini adalah
jawaban dan nilai siswa berupa hasil tes yang sudah diujikan, dalam bentuk
lembar jawaban siswa kelas VII, SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Situbondo
Tahun Pelajaran 2012-2013. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 50 siswa
yang terpilih sebagai responden penelitian dari kelas VII, SMP Negeri 1 Arjasa
Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2012-2013. Metode pengumpulan data
menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data dalam penelitian ini
dilakukan dengan cara; (a) seleksi data; (b) menentukan nilai; (c) menentukan
persentase kemampuan dan; (d) menentukan standar kemampuan. Instrumen
penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, soal tes objektif, dan
soal uraian. Prosedur penelitian yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian
ini meliputi lima tahap. Kelima tahap tersebut yaitu: prapersiapan, persiapan
penelitian, pelaksanaan penelitian, pengolahan data, dan penyusunan laporan
penelitian.
Hasil dan pembahasan pada penelitian ini yaitu kemampuan siswa dalam
memahami puisi dan tergolong sangat rendah atau kurang yakni 38,68. Hal
tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternal
dimana faktor internalnya dipengaruhi oleh minat, kesenangan, dan kebiasaan
siswa dalam pemahaman sastra, sedangkan faktor eksternal yaitu kesempatan
membaca, pemanfaatan perpustakaan, dan nilai yang baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam memahami
isi puisi bisa dikategorikan sangat kurang yaitu nilai rata-rata hanya 38,68 dan
berada pada rentang nilai 0-39 sebanyak 27 orang atau sebesar 54%. Adapun
saran yang dapat diberikan adalah bagi guru bahasa Indonesia agar lebih
meningkatkan kreatifitas siswa dalam membaca pemahaman khususnya sastra dan
bagi peneliti lain, agar dapat dijadikan penelitian lebih lanjut di bidang
pembelajaran agar meningkatkan output pendidikan.