• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ARJASA KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2012-2013

    Thumbnail
    View/Open
    Feri Angriawan - 080210402011.pdf (4.755Mb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Feri Angriawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan membaca pemahaman puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa masih tergolong sangat kurang. Kenyataan yang demikian disebabkan oleh kurangnya penguasaan kosakata sehingga berakibat pada kemampuan pemahaman siswa dalam memahami puisi yang pada umumnya di bawah rata-rata. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah kemampuan memahami isi puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2012-2013?, 2) dan faktor-faktor apasajakah yang memengaruhi kemampuan membaca pemahaman sastra khususnya memahami isi puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 20122013? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan memahami isi puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2012-2013; 1) Faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan membaca pemahaman sastra khususnya memahami isi puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2012-2013; dengan manfaat sebagai berikut: 1) Bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi atau pertimbangan untuk melakukan berbagai alternatif pembelajaran berkenaan dengan kasus serupa yang menjadi objek dalam penelitian ini, untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dan 2) bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran dalam melakukan penelitian lebih lanjut di bidang pembelajaran, yang berkaitan dengan tingkat kemampuan membaca pamahaman siswa khususnya sastra, guna meningkatkan kualitas output pendidikan. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Daerah atau tempat yang dijadikan penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Situbondo. Responden pada penelitian ini berjumlah 50 siswa di SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Situbondo. Data dalam penelitian ini adalah jawaban dan nilai siswa berupa hasil tes yang sudah diujikan, dalam bentuk lembar jawaban siswa kelas VII, SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2012-2013. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 50 siswa yang terpilih sebagai responden penelitian dari kelas VII, SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2012-2013. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara; (a) seleksi data; (b) menentukan nilai; (c) menentukan persentase kemampuan dan; (d) menentukan standar kemampuan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, soal tes objektif, dan soal uraian. Prosedur penelitian yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini meliputi lima tahap. Kelima tahap tersebut yaitu: prapersiapan, persiapan penelitian, pelaksanaan penelitian, pengolahan data, dan penyusunan laporan penelitian. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini yaitu kemampuan siswa dalam memahami puisi dan tergolong sangat rendah atau kurang yakni 38,68. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternal dimana faktor internalnya dipengaruhi oleh minat, kesenangan, dan kebiasaan siswa dalam pemahaman sastra, sedangkan faktor eksternal yaitu kesempatan membaca, pemanfaatan perpustakaan, dan nilai yang baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam memahami isi puisi bisa dikategorikan sangat kurang yaitu nilai rata-rata hanya 38,68 dan berada pada rentang nilai 0-39 sebanyak 27 orang atau sebesar 54%. Adapun saran yang dapat diberikan adalah bagi guru bahasa Indonesia agar lebih meningkatkan kreatifitas siswa dalam membaca pemahaman khususnya sastra dan bagi peneliti lain, agar dapat dijadikan penelitian lebih lanjut di bidang pembelajaran agar meningkatkan output pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3739
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository