• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KALIMAT EFEKTIF DALAM PARAGRAF ARGUMENTASI MELALUI KEGIATAN PEER CORRECTION PADA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

    Thumbnail
    View/Open
    Amelia Indri Ekawati - 090210402003.pdf (4.190Mb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    AMELIA INDRI EKAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran menulis di Sekolah Menengah Atas merupakan salah satu keterampilan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang memegang peranan penting. Keterampilan menulis merupakan salah satu landasan utama bagi siswa untuk menguasai berbagai ilmu dan pengetahuan lebih lanjut. Hasil observasi di SMA Negeri Rambipuji menunjukkan bahwa kemampuan menulis pada siswa kelas X1 pada umumnya masih rendah dan masih banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah, yaitu ≥70. Rendahnya kemampuan menulis siswa dipengaruhi oleh cara guru menyampaikan pembelajaran. Upaya yang akan diterapkan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan kegiatan peer correction, yaitu suatu kegiatan menganalisis kesalahan produk bahasa berupa tulisan yang dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan siswa secara langsung sehingga siswa dapat menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentasi. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini mengangkat permasalahan, yaitu : (1) bagaimanakah proses penerapan peer correction pada kegiatan menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi siswa kelas X1 SMA Negeri Rambipuji Tahun Pelajaran 2012 / 2013?, dan (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi pada siswa kelas X1 SMA Negeri Rambipuji Tahun Pelajaran 2012 / 2013 setelah diterapkan kegiatan peer correction? Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan proses penerapan peer correction pada kegiatan menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi siswa kelas X1 SMA Negeri Rambipuji Tahun Pelajaran 2012 / 2013, dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi pada siswa kelas X1 SMA Negeri Rambipuji Tahun Pelajaran 2012 / 2013 setelah diterapkan kegiatan peer correction. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Rambipuji hari Senin 25 Maret 2013 sampai dengan 20 Mei 2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Negeri Rambipuji, yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukannya tindakan, hasil belajar siswa pada materi menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi hanya mencapai 30% atau belum mencapai ketuntasan klasikal. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan walaupun belum mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan >70%, dengan ketuntasan klasikal sebesar 55.6%. Pembelajaran pada siklus II dilaksanakan dengan memperhatikan hasil refleksi pada siklus I agar tujuan pembelajaran tercapai. Pada siklus II, hasil belajar siswa mencapai 92%. Berdasarkan hasil tersebut, kegiatan atau pembelajaran menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi melalui kegiatan peer correction pada siswa kelas X1 SMA Negeri Rambipuji Tahun Pelajaran 2012/2013 mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tentang peningkatan keterampilan menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi, saran yang diberikan yaitu (a) bagi guru, sebaiknya seorang guru bisa mengatur waktu agar penerapan peer correction pada pembelajaran menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi dapat berjalan dengan efektif dan (b) bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini memiliki batasan tidak sampai mendalam .Untuk peneliti selanjutnya sebaiknya dapat lebih mengembangkan penelitian serupa dengan memperdalam bahasan yang tidak dijelaskan secara rinci dalam penelitian ini.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3674
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15444]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository