PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KALIMAT EFEKTIF DALAM PARAGRAF ARGUMENTASI MELALUI KEGIATAN PEER CORRECTION PADA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Abstract
Pembelajaran menulis di Sekolah Menengah Atas merupakan salah satu
keterampilan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang memegang peranan penting.
Keterampilan menulis merupakan salah satu landasan utama bagi siswa untuk
menguasai berbagai ilmu dan pengetahuan lebih lanjut. Hasil observasi di SMA
Negeri Rambipuji menunjukkan bahwa kemampuan menulis pada siswa kelas X1
pada umumnya masih rendah dan masih banyak siswa yang belum mencapai Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah, yaitu ≥70. Rendahnya
kemampuan menulis siswa dipengaruhi oleh cara guru menyampaikan pembelajaran.
Upaya yang akan diterapkan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan
kegiatan peer correction, yaitu suatu kegiatan menganalisis kesalahan produk bahasa
berupa tulisan yang dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan siswa secara
langsung sehingga siswa dapat menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat
dalam bentuk paragraf argumentasi. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini
mengangkat permasalahan, yaitu : (1) bagaimanakah proses penerapan peer
correction pada kegiatan menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi siswa
kelas X1 SMA Negeri Rambipuji Tahun Pelajaran 2012 / 2013?, dan (2)
bagaimanakah peningkatan hasil belajar menulis kalimat efektif dalam paragraf
argumentasi pada siswa kelas X1 SMA Negeri Rambipuji Tahun Pelajaran 2012 /
2013 setelah diterapkan kegiatan peer correction?
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan proses penerapan
peer correction pada kegiatan menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi
siswa kelas X1 SMA Negeri Rambipuji Tahun Pelajaran 2012 / 2013, dan (2)
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menulis kalimat efektif dalam paragraf
argumentasi pada siswa kelas X1 SMA Negeri Rambipuji Tahun Pelajaran 2012 /
2013 setelah diterapkan kegiatan peer correction.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri Rambipuji hari Senin 25 Maret 2013 sampai dengan 20
Mei 2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Negeri Rambipuji, yang
berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus
terdiri atas tahapan: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi.
Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes.
Analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukannya tindakan, hasil belajar
siswa pada materi menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi hanya
mencapai 30% atau belum mencapai ketuntasan klasikal. Pada siklus I hasil belajar
siswa mengalami peningkatan walaupun belum mencapai ketuntasan klasikal yang
diharapkan >70%, dengan ketuntasan klasikal sebesar 55.6%. Pembelajaran pada
siklus II dilaksanakan dengan memperhatikan hasil refleksi pada siklus I agar tujuan
pembelajaran tercapai. Pada siklus II, hasil belajar siswa mencapai 92%. Berdasarkan
hasil tersebut, kegiatan atau pembelajaran menulis kalimat efektif dalam paragraf
argumentasi melalui kegiatan peer correction pada siswa kelas X1 SMA Negeri
Rambipuji Tahun Pelajaran 2012/2013 mengalami peningkatan.
Berdasarkan hasil penelitian tentang peningkatan keterampilan menulis
kalimat efektif dalam paragraf argumentasi, saran yang diberikan yaitu (a) bagi guru,
sebaiknya seorang guru bisa mengatur waktu agar penerapan peer correction pada
pembelajaran menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi dapat berjalan
dengan efektif dan (b) bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini memiliki batasan tidak
sampai mendalam .Untuk peneliti selanjutnya sebaiknya dapat lebih mengembangkan
penelitian serupa dengan memperdalam bahasan yang tidak dijelaskan secara rinci
dalam penelitian ini.