DAMPAK SOSIAL EKONOMI PENERAPAN E-COMMERCE MELALUI TELECENTER SEMERU TERHADAP PENGUSAHAAN AGRIBISNIS DI KABUPATEN LUMAJANG
Abstract
Sektor pertanian dihadapkan pada sejumlah kendala, antara lain kurangnya
pemanfaatan teknologi dan sulitnya pemasaran. Dalam rangka mengembalikan
kedudukan sektor pertanian ke posisi strategis, maka perlu upaya yang dilakukan
melalui pendekatan baru, yaitu pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) di berbagai kegiatan pertanian. Salah satu penerapan TIK pada bidang
pertanian tampak pada aktifitas e-commerce (kegiatan jual beli produk
menggunakan internet) melalui Telecenter Semeru di Kabupaten Lumajang.
Media yang diberikan pemerintah berupa Telecenter dapat mempermudah
masyarakat dalam menerapkan e-commerce. Penerapan e-commerce diharapkan
dapat memberikan dampak positif bagi keberlangsungan usaha agribisnis.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Karakteristik
pengusaha agribisnis pengguna Telecenter Semeru sebagai media e-commerce,
2) Mekanisme penerapan e-commerce melalui Telecenter Semeru, 3) Dampak
ekonomi penerapan e-commerce melalui Telecenter Semeru, 4) Dampak sosial
penerapan e-commerce melalui Telecenter Semeru. Penentuan daerah penelitian
dilakukan dengan metode sengaja di Kabupaten Lumajang. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode analitik. Metode
pengambilan contoh dilakukan dengan menggunakan metode Total Sampling.
Data penelitian yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode
analisis data yang digunakan adalah uji beda (uji t) dan uji tanda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik pengusaha agribisnis
pengguna Telecenter Semeru sebagai media e-commerce adalah sebagai berikut :
1) rata-rata usia 42,5 tahun, 2) sebagian besar pengusaha adalah pria, 3) pendidikan
bervariasi mulai tamat SD hingga sarjana, 4) pengalaman usaha bervariasi dari 1
tahun hingga 12 tahun, 2) Mekanisme penerapan e-commerce melalui Telecenter
Semeru meliputi permohonan ke Telecenter, kesepakatan Telecenter Semerudengan pengusaha agribisnis, publikasi, respon konsumen, penyampaian informasi
permintaan, negosiasi, transaksi, transfer, pencairan, pembayaran pada pengusaha
agribisnis, penyerahan produk pada Telecenter, dan pengiriman produk
Hasil analisis menggunakan uji t menunjukkan bahwa terjadi perluasan
pasar setelah menerapkan e-commerce melalui Telecenter Semeru. Hasil analisis
menggunakan uji t menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penjualan dan
pendapatan dari pengusaha agribisnis setelah menerapkan e-commerce melalui
Telecenter Semeru. Hasil analisis menggunakan uji tanda menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan pengetahuan tentang internet, pengetahuan tentang e-
commerce, peran dalam masyarakat, dan penghargaan terhadap pengusaha
agribisnis setelah menerapkan e-commerce melalui Telecenter Semeru
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]