Show simple item record

dc.contributor.authorSITI NURHAYATI
dc.date.accessioned2013-12-04T03:56:27Z
dc.date.available2013-12-04T03:56:27Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210101019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3609
dc.description.abstractLatar belakang yang mendukung untuk dilakukannya pengembangan perangkat pembelajaran adalah berdasarkan observasi yang telah dilakukan di sekolah. Sebagian besar guru hanya membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) saja. RPP yang dibuat oleh guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah. Guru jarang membuat LKS dan Buku Siswa yang dirancang sendiri untuk menunjang proses pembelajaran. Untuk mengisi kekosongan tersebut maka dikembangkan perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, LKS, Buku Siswa, dan Tes Hasil Belajar (THB) dengan menggunakan alternatif pendekatan dan metode yang sesuai. Pendekatan keterampilan proses pada hakikatnya adalah suatu pengelolaan kegiatan belajar-mengajar yang berfokus pada pelibatan siswa secara aktif dan kreatif dalam proses pemerolehan hasil belajar. Prinsip – prinsip pendekatan keterampilan proses yang digunakan dalam penelitian ini adalah kemampuan mengamati, mengklasifikasi, menemukan hubungan, menganalisa variabel, dan menyimpulkan. Melalui beberapa kegiatan di atas, pembelajaran didasarkan pada aktivitas penemuan oleh siswa sehingga metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode discovery learning. Melalui pendekatan keterampilan proses dapat membantu siswa untuk menemukan konsep matematika dengan langkah yang lebih sistematis sehingga tujuan pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning dapat tercapai. vii Penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKS, buku siswa, dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Akselerasi SMP Negeri 2 Jember. Pengambilan data dimulai tanggal 29 April 2013 sampai tanggal 8 Mei 2013. Data yang diambil dalam penelitian ini dilakukan dengan metode validasi perangkat pembelajaran, tes, wawancara, observasi, dan pengisian angket. Observasi dilakukan terhadap aktivitas siswa dan guru. Angket respon siswa, observasi aktivitas siswa, dan THB dianalisis untuk mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran. Koefisien validitas untuk rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa, buku siswa, dan tes hasil belajar secara berurutan adalah 0,93; 0,91; 0,91; 0,87. Dengan demikian perangkat pembelajaran matematika melalui pendekatan keterampilan proses berdasarkan metode discovery learning telah valid. Data analisis uji coba yang digunakan sebagai kriteria pengembangan perangkat adalah kepraktisan perangkat pembelajaran dan keefektifan perangkat pembelajaran. Kepraktisan diukur dari respon siswa melalui angket. Hasil angket menunjukkan 76,74 % siswa memberikan respon positif terhadap perangkat dan pengelolaan pembelajaran. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria kepraktisan. Keefektifan diukur dari aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil nilai ujian siswa pada THB. Persentase aktivitas guru selama uji coba adalah sebesar 93,89 %. Persentase aktivitas siswa sebesar 93,33 % dengan kategori baik. Analisis hasil nilai ujian siswa pada THB, rata – rata nilai yang didapat siswa adalah 77 dan persentase siswa yang mendapat nilai ≥ 70 adalah sebesar 81,25 %. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria keefektifan. Berdasarkan kriteria pengembangan perangkat yang telah ditentukan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, maka pengembangan perangkat pembelajaran matematika pokok bahasan garis garis pada segitiga melalui pendekatan keterampilan proses dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101019;
dc.subjectPerangkat Pembelajaran Matematikaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN GARIS GARIS PADA SEGITIGA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES BERDASARKAN METODE DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record