Show simple item record

dc.contributor.authorMERI ISMI SUSANTI
dc.date.accessioned2013-12-04T03:24:23Z
dc.date.available2013-12-04T03:24:23Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210101038
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3537
dc.description.abstractBerdasarkan wawancara pra penelitian dengan guru bidang studi matematika kelas VII D SMP Negeri 7 Jember, terdapat dua permasalahan yang sedang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran matematika di kelas, yaitu guru mengalami kesulitan untuk mengajak siswa agar turut aktif dalam proses pembelajaran dan seringnya siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru. Hal ini sangat dirasakan guru saat memberikan materi mengenai pokok bahasan segitiga dan segiempat. Salah satu solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi tersebut adalah melalui penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran MMP pada sub pokok bahasan segitiga dan segiempat di kelas VII D SMP Negeri 7 Jember, mengetahui persentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sub pokok bahasan segitiga dan segiempat, dan mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran MMP untuk mengatasi kesalahan siswa menyelesaikan soal sub pokok bahasan segitiga dan segiempat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 7 Jember yang berjumlah 42 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap dari perencanaan, tindakan, observasi, dan vii refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Pada pembelajaran siklus I diperoleh persentase rata-rata aktivitas guru yang diperoleh sebesar 82,4%, termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 76,4%, termasuk dalam kategori aktif. Setelah dilakukan pembelajaran siklus I, pada tes akhir siklus I diperoleh persentase untuk tiapa jenis kesalahan. Kesalahan penggunaan data sebesar 8,3% yang termasuk dalam kategori rendah, kesalahan teorema sebesar 7,7% yang termasuk dalam kategori rendah, kesalahan teknik sebesar 7,7% yang termasuk dalam kategori rendah, dan kesalahan acak sebesar 26,8% yang termasuk dalam kategori cukup tinggi. Efektivitas model pembelajaran MMP untuk mengatasi kesalahan siswa pada siklus I sebesar 43,3% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Pada pembelajaran siklus II juga diperoleh persentase rata-rata aktivitas guru yang diperoleh sebesar 92,0%, termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 85,8%, termasuk dalam kategori sangat aktif. Setelah dilakukan pembelajaran siklus II, pada tes akhir siklus II diperoleh persentase untuk tiapa jenis kesalahan. Kesalahan penggunaan data sebesar 5,4% yang termasuk dalam kategori rendah, kesalahan teorema sebesar 7,1% yang termasuk dalam kategori rendah, kesalahan teknik sebesar 4,2% yang termasuk dalam kategori rendah, dan kesalahan acak sebesar 11,9% yang termasuk dalam kategori cukup tinggi. Efektivitas model pembelajaran MMP untuk mengatasi kesalahan siswa pada siklus II sebesar 57,0% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran MMP dapat meningkatkan aktivitas siswa di dalam proses pembelajaran dan dapat mengatasi kesalahan siswa kelas VII D SMP Negeri 7 Jember dalam menyelesaikan soal sub pokok bahasan segitiga dan segiempat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101038;
dc.subjectMissouri Mathematiccs Project (MMP)en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENGATASI KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL SUB POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII D SMP NEGERI 7 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/ 2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record