PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi
penelitian menggunakan metode purposive yang dilakukan di SMK Negeri 1
Jember, sedangkan untuk menentukan responden penelitian menggunakan random
sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu
analisis inferensial (Persamaan Garis Regresi Linier sederhana, Efektifitas Garis
x
Regresi, Uji F) dengan taraf signifikansi 0,05 yang dibantu dengan menggunakan
program SPSS 17,00 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar akuntansi. Dibuktikan dengan hasil olah data
menggunakan uji F menghasilkan Fhitung (173,287) > Ftabel (4,02) dengan tingkat
signifikansi 5% dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 76,2% yang berarti
bahwa variabel kemampuan penalaran memberikan proporsi sumbangan sebesar