• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A PADA SUB POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS BANGUN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI SMP NEGERI 1 AJUNG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Dina Frensista - 080210101052_1.pdf (939.0Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Dina Frensista
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMP Negeri 1 Ajung Kabupaten Jember dan pengalaman pada saat melaksanakan KK-PPL di sana, hasil belajar siswa kelas VII A mata pelajaran matematika masih berada di bawah Standar Kelulusan Minimal (SKM) yang telah ditentukan yaitu 70. Menurut keterangan dari guru bidang studi matematika, beliau masih mendapatkan kendala dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika diantaranya kurangnya motivasi siswa untuk belajar matematika, siswa cepat lupa materi yang telah diajarkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep yang diajarkan. Hal ini dikarenakan siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan lebih cenderung menerima apa saja yang disampaikan guru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan strategi rotating trio exchange. Dalam pembelajaran ini, siswa dituntuk untuk belajar secara berkelompok dan nantinya akan terjadi perputaran atau pertukaran anggota kelompok sehingga akan terbentuk kelompok-kelompok baru pada setiap pergantian masalah atau pertanyaan. Dengan adanya proses perputaran anggota kelompok dalam mengkonstruksi konsep matematika, diharapkan dapat membangkitkan keaktifan siswa sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif dengan strategi rotating trio exchange serta menganalisis aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. viii Penelitian ini menggunakan dua siklus dan tiap siklusnya mencakup empat tahapan, yaitu perencanaan/perencanaan ulang, tindakan, observasi dan refleksi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Ajung tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 39 siswa. Pemilihan subyek pada penelitian ini berdasarkan pertimbangan bahwa kurangnya aktifitas siswa dan hasil belajar matematika. Selain itu, siswa kelas VII A memiliki tingkat kecerdasan yang heterogen (pandai, sedang dan kurang). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 06 Mei 2013 – 20 Mei 2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh pada penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif meliputi aktivitas guru, aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar, dan hasil wawancara. Penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif dengan strategi rotating trio exchange pada sub pokok bahasan keliling dan luas bangun segitida dan segiempat berjalan dengan lancar dari pembelajaran 1 sampai dengan 4. Pembelajaran ini berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari hasil observasi didapatkan pada siklus I rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 68,12% (cukup aktif) dan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 79,71% (aktif). Persentase rata-rata aktivitas guru pada siklus I mencapai 81,95% (aktif) sedangkan pada siklus II mencapai 90,3% (sangat aktif). Hasil analisis ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan strategi rotating trio exchange, pada siklus I mencapai 71,79% dengan 11 siswa tidak tuntas belajar dan 28 siswa yang tuntas, dan pada siklus II mencapai 87,18% dengan 5 siswa tidak tuntas belajar dan 34 siswa yang tuntas. Dari hasil analisis yang didapatkan membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi rotating trio exchange efektif untuk digunakan dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3473
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository