Show simple item record

dc.contributor.authorDewangga Pradhana SP
dc.date.accessioned2013-12-04T02:32:42Z
dc.date.available2013-12-04T02:32:42Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM080210191041
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3462
dc.description.abstractPerangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah lembar kegiatan siswa Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pendidikan berkarakter dalam pengajaran matematika yang dimaksud lebih kepada internalisasi nilai-nilai didalam tingkah laku melalui proses pembelakaran dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, penilaian. Pengenalan nilai-nilai dari bahan ajar yang diperkenankan, tetapi bukan merupakan penekanan. Yang ditekankan atau diutamakan adalah pengintegrasian nilai -nilai melalui kegiatan-kegiatan didalam viii proses pembelajaran. Karakter yang dipilih meliputi tanggung jawab, disiplin dan rasa hormat. Dalam penelitian ini dipilih materi persamaan linier satu variabel karena merupakan materi yang menantang siswa untuk dapat mengkontruksi pemahamannya dengan materi sebelumnya dan merupakan materi dikelas pertama dibangku SMP sehingga diharapkan efek pendidikan berkarakter dapat diimplementasikan secara maksimal. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan berkualitas jika memenuhi aspek-aspek: validitas, kepraktisan dan keefektifan 1. Validasi ketiga komponen perangkat pembelajaran dikatakan baik jika koefisien validitas lebih dari 0,60 atau interpretasi besarnya koefisien validitas berkategori tinggi atau sangat tinggi. 2. Perangkat pembelajaran dinilai praktis jika tingkat pencapaian pada lembar aktivitas guru minimal cukup baik. 3. Efektifitas pembelajaran dikatakan baik jika: a. Persentase aktivitas siswa ≥ 80 % b. Banyaknya siswa yang memberi respon positif lebih besar atau sama dengan 80% dari jumlah subyek yang diuji coba c. Rata-rata ketuntasan hasil pelajar yang mengikuti pembelajaran mampu mencapai tingkat penguasaan materi minimal sedang atau mencapai minimal SKM. Berdasarkan analisis uji coba didapat bahwa Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Karakter dengan Pendekatan Contexstual Teaching and Learningen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191041;
dc.subjectCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KELAS VII SEMESTER GANJIL SMPN 3 BANGSALSARI TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record