PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KELAS VII SEMESTER GANJIL SMPN 3 BANGSALSARI TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah lembar kegiatan
siswa
Pendekatan Contextual Teaching and Learning
Pendidikan berkarakter dalam pengajaran matematika yang dimaksud lebih
kepada internalisasi nilai-nilai didalam tingkah laku melalui proses pembelakaran dari
tahapan perencanaan, pelaksanaan, penilaian. Pengenalan nilai-nilai dari bahan ajar
yang diperkenankan, tetapi bukan merupakan penekanan. Yang ditekankan atau
diutamakan adalah pengintegrasian nilai -nilai melalui kegiatan-kegiatan didalam
viii
proses pembelajaran. Karakter yang dipilih meliputi tanggung jawab, disiplin dan
rasa hormat.
Dalam penelitian ini dipilih materi persamaan linier satu variabel karena
merupakan materi yang menantang siswa untuk dapat mengkontruksi pemahamannya
dengan materi sebelumnya dan merupakan materi dikelas pertama dibangku SMP
sehingga diharapkan efek pendidikan berkarakter dapat diimplementasikan secara
maksimal.
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan berkualitas jika
memenuhi aspek-aspek: validitas, kepraktisan dan keefektifan
1. Validasi ketiga komponen perangkat pembelajaran
dikatakan baik jika koefisien validitas lebih dari 0,60 atau interpretasi besarnya
koefisien validitas berkategori tinggi atau sangat tinggi.
2. Perangkat pembelajaran dinilai praktis jika tingkat pencapaian pada lembar
aktivitas guru minimal cukup baik.
3. Efektifitas pembelajaran dikatakan baik jika:
a. Persentase aktivitas siswa
≥ 80 %
b. Banyaknya siswa yang memberi respon positif lebih besar atau sama dengan
80% dari jumlah subyek yang diuji coba
c. Rata-rata ketuntasan hasil pelajar
yang mengikuti pembelajaran mampu mencapai tingkat penguasaan materi
minimal sedang atau mencapai minimal SKM.
Berdasarkan analisis uji coba didapat bahwa Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Berbasis Karakter dengan Pendekatan Contexstual Teaching and
Learning