FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN MENGGUNAKAN LAYANAN INTERNET SPEEDY DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
dipertimbangkan konsumen dalam mengambil keputusan menggunakan layanan
internet speedy di Kota Jember. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah 16 variabel.
Populasi penelitian ini adalah orang yang memberikan data dirinya untuk
regristrasi pembayaran penggunaan internet speedy dirumahnya. Jumlah
responden sebanyak 160 diambil dengan metode purposive sampling. Untuk
masing-masing kecamatan sampel yang diambil sebagai berikut : kecamatan
Sumbersari sebanyak 61 respoden, kecamatan Kaliwates sebanyak 47 responden
dan kecamatan Patrang 42 responden.
Data yang diperoleh di uji dengan menggunakan analisis faktor. Analisis
faktor digunakan untuk mereduksi data, yaitu proses untuk meringkas sejumlah
variabel menjadi lebih sedikit dan menamakannya sebagai faktor. Dalam
penelitian ini menghasilkan 4 faktor baru yang dibentuk yaitu faktor layanan,
faktor reputasi perusahaan, faktor luas jangkauan dan faktor pendidikan.