• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN INTEGRATIF TIPE CONNECTED BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL (SOUND SLIDE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM KETERAMPILAN BERBICARA DI SDN 2 BANYUURIP UJUNGPANGKAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Umi Hanik Asfuriyah - 090210204011_1.pdf (286.4Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Umi Hanik Asfuriyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Beberapa permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya aspek keterampilan berbicara di SDN 2 Banyuurip Ujungpangkah Gresik yaitu : 1) pembelajaran terpusat pada guru sehingga siswa tidak diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya; 2) penggunaan metode ceramah yang membosankan sehingga ditemui beberapa siswa yang mengantuk dan tidak memperhatikan; 3) guru tidak menggunakan media yang menarik dalam pengajaran keterampilan berbicara; 4) keterampilan berbahasa siswa rendah terutama keterampilan berbicara, ini dapat dilihat pada saat siswa diminta bercerita mereka hanya membaca karangan di depan kelas dengan malu-malu; 5) Guru yang mengajar tidak mampu memanfaatkan media pembelajaran yang telah disediakan oleh sekolah seperti viewer dan wifi. Oleh karena itu peneliti mencoba mencari solusi yang tepat berdasarkan permasalahan tersebut, dan memilih menggunakan pendekatan integratif tipe connected berbantuan media audio-visual (sound slide). Penggunaan media sound slide dipilih dikarenakan sekolah telah memiliki viewer dan penerapan pendekatan integratif pada pembelajaran dapat melatih keempat keterampilan berbahasa secara simultan, namun tetap memberi penekanan pada peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 2 Banyuurip Ujungpangkah Gresik. Permasalahan tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara, terbukti sebanyak 53,4 % siswa tidak tuntas atau mendapat nilai dibawah SKM yang ditentukan oleh sekolah yakni ≥ 75. Dari permasalahan tersebut, didapat rumusan masalah bagaimanakah proses dan viii peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dalam keterampilan berbicara melalui penerapan pendekatan integratif tipe connected dan media audio-visual (sound slide) di SDN 2 Banyuurip Ujungpangkah Gresik tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses dan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dalam keterampilan berbicara melalui penerapan pendekatan integratif tipe connected dan media audio-visual (sound slide) di SDN 2 Banyuurip Ujungpangkah Gresik tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah kelas IV SDN 2 Banyuurip Ujungpangkah Gresik dengan jumlah anak didik sebanyak 15 orang , terdiri atas 9 siswi dan 6 siswa. Proses penerapan pendekatan integratif tipe connected berbantuan media audio-visual (sound slide) dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan melakukan beberapa tahap : 1) menentukan keterampilan yang akan dipadukan berdasarkan tema dalam pembelajaran bahasa Indonesia; 2) menyiapkan RPP dan LKS yang relevan dengan pembelajaran ; 3) menyusun media pembelajaran audio-visual berupa slide bernarasi dan; 4) melakukan pembelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan integratif tipe connected berbantuan media audio-visual (sound slide) sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah disusun. Peningkatan hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara berdasarkan data analisis hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus menunjukkan bahwa siklus I secara keseluruhan didapat persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 40% kemudian pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 73,3% naik sebanyak 33,3% dibanding siklus I. Siswa juga mulai dapat bercerita dengan ekspresi yang sesuai, kosa kata yang lebih bervariasi, suara lantang dan lebih percaya diri setelah melakukan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan pendekatan integratif tipe connected berbantuan media audio-visual (sound slide).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3402
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository