• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN PERAN EDUCATOR PERAWAT DALAM DISCHARGE PLANNING DENGAN TINGKAT KEPATUHAN PASIEN RAWAT INAP UNTUK KONTROL DI RUMAH SAKIT PARU KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Riza Firman Suryadi - 092310101027.pdf (1.322Mb)
    Date
    2013-12-03
    Author
    Riza Firman Suryadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kepatuhan pasien untuk kontrol setelah melakukan rawat inap menjadi penting karena berhubungan dengan tujuan yang akan dicapai. Kepatuhan adalah perilaku positif yang dilakukan oleh pasien untuk mencapai tujuan terapeutik yang ditentukan bersama-sama antara pasien dan petugas kesehatan. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di Rumah Sakit Paru Kabupaten Jember melalui wawancara menunjukkan bahwa perawat tidak memberikan pendidikan secara detail dikarenakan perawat hanya berpedoman pada lembar discharge planning yang digunakan oleh Rumah Sakit Paru Kabupaten Jember dengan menggunakan format cheklist yang dianggap minimalis. Hasil studi pendahuluan dari data rekam medis 110 pasien rawat inap kelas III pada bulan Maret 2013 menunjukkan sebanyak 33 pasien (30%) tidak patuh untuk kontrol dan 77 pasien (70%) patuh untuk kontrol. Rumah Sakit Paru Kabupaten Jember menargetkan pasien rawat inap kelas III yang patuh untuk kontrol di Poli Rumah Sakit Paru Kabupaten Jember sebanyak 100% pasien. Ketidakpatuhan dapat terjadi ketika kondisi individu atau kelompok berkeinginan untuk patuh, namun ada sejumlah faktor yang menghambat kepatuhan terhadap saran atau pendidikan tentang kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan, salah satunya perawat dalam menjalankan peran educator dalam discharge planning. Perawat berperan membantu pasien meningkatkan kesehatannya melalui pemberian pengetahuan tentang perawatan dan tindakan medis yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan peran educator perawat dalam discharge planning dengan tingkat kepatuhan pasien rawat inap untuk kontrol di Rumah Sakit Paru Kabupaten Jember. Jenis penelitian observasional analitik dengan menggunakan studi secara cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dan didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 40 responden di ruang rawat inap kelas III. Alat pengumpul data pada penelitian ini terdiri dari lembar kuesioner untuk peran educator perawat dalam discharge planning dan pengambilan data kepatuhan dari rekam medis instalasi rawat jalan Rumah Sakit Paru kabupaten Jember. Analisis data menggunakan chi square. Hasil analisis data dari 17 responden yang mempersepsikan peran educator perawat dalam discharge planning dengan kategori tidak baik menunjukkan lebih dari 50 persen responden mempunyai tingkat kepatuhan pasien untuk kontrol dalam kategori tidak patuh yaitu sebanyak 12 orang (70,6%), sisanya 5 orang (29,4%) patuh untuk kontrol. Peran educator perawat dalam discharge planning yang dipersepsikan oleh 23 responden dalam kategori baik sebagian besar patuh untuk melaksanakan kontrol yaitu sebanyak 19 orang (82,6%), sisanya 4 orang (17,4%) tidak patuh untuk kontrol. . Hasil uji statistik menunjukkan nilai p= 0.001. Ha diterima jika Ho ditolak, dimana Ho ditolak jika nilai p ≤ α, 0,001 ≤ 0,05. Hasil analisis statistik didapatkan bahwa ada hubungan signifikan antara peran educator perawat dalam discharge planning dengan tingkat kepatuhan pasien rawat inap untuk kontrol di Rumah Sakit Paru Kabupaten Jember. Dampak yang terjadi ketika pasien tidak patuh untuk melaksanakan kontrol karena menerima peran educator perawat dalam discharge planning yang tidak baik dapat mengakibatkan angka kekambuhan pasien, sehingga perawat perlu meningkatkan perannya sebagai educator dalam discharge planning. Perawat juga dapat memberikan media pembelajaran yang dapat digunakan oleh pasien ketika sudah meninggalkan rumah sakit seperti leaflet/booklet.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3285
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1621]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository