• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN PERAN PERAWAT SEBAGAI EDUKATOR DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN RASA AMAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM dr. H. KOESNADI KABUPATEN BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Raditya Wahyu Hapsari - 092310101070.PDF (1.336Mb)
    Date
    2013-12-03
    Author
    Raditya Wahyu Hapsari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kebutuhan rasa aman merupakan kebutuhan yang ada pada tingkat kedua setelah kebutuhan fisiologi terpenuhi. Kebutuhan rasa aman adalah suatu keadaan yang membuat seseorang aman, terhindar dari bahaya yang dapat menimbulkan cedera. Dampak yang terjadi jika pasien tidak terpenuhi kebutuhan rasa amannya yaitu pasien dapat mengalami cedera. Sehingga dibutuhkan suatu peran perawat untuk memenuhi kebutuhan rasa aman pasien. Peran perawat salah satunya sebagai pendidik. Melalui pengajaran perawat kepada pasien, perawat dapat memberikan informasi sehingga dapat mempengaruhi terpenuhinya kebutuhan rasa aman. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa pasien belum merasa aman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif analitik dan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 480 responden dengan sampel yang terdiri dari 75 responden. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian dilakukan di ruang rawat inap RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso, menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data, sehingga data yang diperoleh adalah data primer. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan Pearson Product Moment dan uji Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden yang mendapatkan peran perawat sebagai edukator, merasa aman. Hasil menunjukkan 47 responden yang tidak mendapatkan peran perawat sebagai edukator, 14 (29,8%) responden merasa aman, dan 33 (70,2%) responden tidak merasa aman. Perhitungan uji statistik dengan Chi Square didapatkan nilai p = 0,007; α= 0,05 yang berarti Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara peran perawat sebagai edukator dengan pemenuhan kebutuhan rasa aman pasien. Perlu kiranya penting untuk melakukan tindak lanjut dari penelitian ini melalui pembuatan poster yang ditempel di ruang rawat dapat membantu perawat dalam penyampaian informasi terkait pemenuhan kebutuhan rasa aman pasien atau peran perawat sebagai edukator terkait pemenuhan kebutuhan rasa aman pasien dapat diberikan kepada pasien ketika orientasi pasien baru. Selain itu, untuk dapat memenuhi kebutuhan rasa aman pasien diperlukan peningkatan kewaspadaan pasien/keluarga pasien.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3263
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1620]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository