• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH COOPERATIVE PLAY TERHADAP REAKSI LANGSUNG SIBLING RIVALRY PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI DESA CANGKRING KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Rismawan Adi Yunanto.pdf (5.910Mb)
    Date
    2013-12-03
    Author
    Rismawan Adi Yunanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anak yang tinggal dalam sebuah keluarga, sebagian besar tumbuh bersama dengan setidaknya satu saudara kandung. Hubungan antar saudara kandung diistilahkan sebagai sibling relationship. Anak pertama dalam sebuah keluarga akan mengawali sibling relationship ketika adiknya lahir dan dirawat dalam keluarga. Kehadiran adik dapat menimbulkan pengalaman yang positif dan negatif pada anak. Salah satu pengalaman negatif yang akan muncul adalah reaksi sibling rivalry. Sibling rivalry merupakan suatu bentuk semangat kecemburuan, kompetisi, dan atau kemarahan antara kakak dan adik yang dapat dimulai sejak kelahiran adik dalam keluarga. Sibling rivalry merupakan hal yang umum dan biasa terjadi pada anak yang tumbuh dalam keluarga. Keadaan yang paling sering terlihat dari sibling rivalry adalah adanya reaksi langsung yang bersifat agresi secara verbal atau nonverbal. Reaksi langsung sibling rivalry dapat dikurangi dengan cara membuat anak dapat melakukan kegiatan kooperatif dengan saudara kandungnya. Kegiatan kooperatif dapat dilakukan dengan berbagai metode yang praktis seperti bermain kooperatif (cooperative play). Cooperative play merupakan salah satu jenis permainan yang ditandai dengan adanya kerja sama atau pembagian tugas dan pembagian peran antara anak-anak yang terlibat dalam permainan untuk mencapai suatu tujuan bersama. Cooperative play lebih menekankan pada partisipasi, tantangan, dan melakukan hal yang menyenangkan daripada untuk mengalahkan kawan yang ikut serta dalam permainan. Permainan ini juga lebih menekankan pada bermain daripada melakukan persaingan ataupun konflik. ix Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik responden, mengidentifikasi reaksi langsung sibling rivalry sebelum pemberian intervensi cooperative play pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, mengidentifikasi reaksi langsung sibling rivalry setelah pemberian intervensi cooperative play pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, serta menganalisis perbedaan reaksi langsung sibling rivalry sebelum dan sesudah pemberian intervensi cooperative play. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental pretest posttest. Sampel penelitian ini adalah 30 pasang saudara kandung usia prasekolah yang terbagi menjadi dua kelompok dengan rincian 15 pasang sebagai kelompok eksperimen dan 15 pasang lainnya sebagai kelompok kontrol. Teknik analisa data yang digunakan adalah Mann Whitney UTest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reaksi langsung sibling rivalry tinggi pada kelompok eksperimen sebelum intervensi cooperative play adalah 10 pasang (66,7%), namun setelah intervensi cooperative play berkurang menjadi 4 pasang (26,7%). Kelompok kontrol pada saat pelaksanaan pretest memiliki 8 pasang (53,3%) yang mengalami reaksi langsung sibling rivalry tinggi, sedangkan setelah posttest justru bertambah menjadi 10 pasang (66,7%). Berdasarkan pengolahan data melalui SPSS didapatkan p value sebesar 0,031. Pengambilan keputusan dilakukan dengan melihat derajat kemaknaan (α=0,05). Nilai p value yang didapat dari hasil uji statistik adalah ≤ 0,05 dan berada pada nilai kemaknaan 0,01 ≤ p < 0,05 maka H0 ditolak, artinya ada pengaruh bermakna cooperative play terhadap reaksi langsung sibling rivalry pada anak usia prasekolah di Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Saran yang dapat peneliti berikan adalah orang tua dapat menerapkan metode bermain kooperatif (cooperative play) untuk dapat menurunkan reaksi langsung sibling rivalry pada pasangan saudara kandung usia prasekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3240
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1594]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository