• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN GAYA GESEK MELALUI MODEL INKUIRI SISWA KELAS 5 SDN PAKUSARI 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Rani Dwi Nerpati - 090210204042_1.pdf (134.1Kb)
    Date
    2013-12-03
    Author
    Rani Dwi Nerpati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa adalah metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi di SDN Pakusari 1, ditemukan dalam kegiatan pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah. Dalam pembelajaran dengan menerapkan model inkuiri, siswa diprediksi dapat lebih aktif karena pemberian permasalahan dan penemuan pengetahuan secara individu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Pakusari 01 Jember dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan gaya gesek melalui penerapan model inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pakusari I Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V berjumlah 35 siswa terdiri atas 18 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus sebanyak dua pertemuan dengan menerapkan model inkuiri dalam pembelajaran IPA. Pada siklus I dan siklus II pembelajaran dilakukan dengan prosedur sesuai dengan skema Hopskin. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sebanyak dua kali pada tiap siklus dengan alokasi waktu 2x35 menit pada setiap pertemuan. Guru melakukan pengajaran sesuai dengan langkah-langkah dalam RPP dengan melakukan percobaan. Pada tahap percobaan ini guru berperan sebagai pembimbing proses pembelajaran. Setelah percobaan berakhir, siswa bertugas mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas. Interaksi antar siswa pada siklus I masih kurang, terbukti saat pembentukan kelompok belajar. Guru membentuk kelompok sesuai dengan urutan bangku siswa, yang mengakibatkan siswa yang pintar membentuk kelompok dengan siswa yang pintar juga, hal ini menyebabkan kesenjangan antar kelompok. Pada siklus II guru memperbaiki pembentukan kelompok siswa, yaitu dengan cara melakukan undian sehingga anggota masing-masing kelompok bervariasi. Melalui penerapan model inkuiri pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya gesek, aktivitas belajar siswa kelas V SDN Pakusari I Jember mengalami peningkatan. Indikator tersebut ditunjukkan dari hasil analisis data aktivitas siswa secara klasikal, pada siklus I 54,7% sedangakan 96,7% pada siklus II. Hasil belajar siswa kelas V SDN Pakusari I Jember juga mengalami peningkatan, ditunjukkan dari hasil analisis data hasil belajar siswa secara klasikal, pada siklus I mencapai 68,6% dan 96,7% siklus II. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73,17 meningkat menjadi 81,25 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V pokok bahasan gaya gesek di SDN Pakusari I Jember. Saran dari penelitian ini bagi guru dan penelitian selanjutnya diharapkan mampu mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar lebih yang baik lagi, sehingga siswa dalam kelompok bervariasi tidak didominasi oleh siswa yang pintar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3122
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository