• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TINDAK KOMUNIKATIF PADA IKLAN PARTAI GERINDRA

    Thumbnail
    View/Open
    Evi Yuliantiningsih 060110201072_1.pdf (205.7Kb)
    Date
    2013-12-03
    Author
    Evi Yuliatiningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    TINDAK KOMUNIKATIF PADA IKLAN PARTAI GERINDRA; Evi Yuliatiningsih; 060110201072; 82 halaman; Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Jember. Iklan Partai Gerindra yang terdapat pada media televisi merupakan bagian dari jenis iklan politik, umumnya mengkonstruksi pemirsa yang juga merupakan segmen politik sebuah partai pada saat pemilihan umum legislatif. Penyampaian iklan Partai Gerindra dapat dianalisis melalui tindak komunikatif yaitu aktivitas komunikasi yang menggunakan bahasa dan konteks. Permasalahan penelitian ini adalah (1) jenis tindak komunikatif apa saja yang terdapat pada iklan Partai Gerindra?; (2) bagaimana wujud tindak komunikatif yang terdapat pada iklan Partai Gerindra?; (3) faktor penentu apa saja yang menentukan tindak komunikatif pada iklan Partai Gerindra?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan jenis, wujud, dan faktor penentu tindak komunikatif pada iklan Partai Gerindra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data adalah iklan Partai Gerindra yang ditayangkan pada media televisi, saat pemilihan umum legislatif pada tahun 2009 dengan jumlah sepuluh iklan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak, dan penyajian hasil analisis data dilakukan secara informal. Dari analisis yang dilakukan ditemukan bahwa dalam iklan Partai Gerindra terdapat jenis tindak komunikatif yaitu tindak representatif, komisif, direktif, ekspresif, deklaratif. Terdapat wujud tindak komunikatif berupa wujud memohon, meminta, dan mengharapkan; wujud meyakinkan, mempengaruhi, dan menegaskan atau menyatakan. Adapun faktor penentu dalam iklan Partai Gerindra adalah partisipan tutur, tujuan tutur, situasi tutur, konteks tempat dan keadaan, jalur yang digunakan (jalur lisan dan tulis), media yang digunakan, serta peristiwa dalam tuturan iklan Partai Gerindra. Iklan Partai Gerindra yang di tayangkan di televisi menjelaskan bagaimana partai tersebut memperkenalkan suatu partai baru dan mengajak pemirsa untuk memilih Partai Gerindra pada saat pemilihan umum legislatif. Caranya adalah dengan menampilkan ungkapan yang berupa memohon, menyatakan, menjelaskan, berjanji dan mempengaruhi pendengar pada saat iklan Partai Gerindra di tayangkan, dengan menampilkan konteks suasana alam Indonesia serta kehidupan para petani dan nelayan saat beraktivitas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3089
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2318]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository