Show simple item record

dc.contributor.authorAnisyaul Faizah
dc.date.accessioned2013-12-03T05:48:14Z
dc.date.available2013-12-03T05:48:14Z
dc.date.issued2013-12-03
dc.identifier.nimNIM080110201047
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2907
dc.description.abstractKomunikasi merupakan suatu jembatan yang menghubungkan manusia satu dengan manusia lainnya dalam berinteraksi. Saat ini banyak media massa yang menyajikan acara yang berhubungan dengan komunikasi dan dikemas dalam sebuah acara talk show. Salah satu talk show yang menarik untuk dianalisis adalah Kick Andy. Rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi yang terjadi antara host dan bintang tamu dalam acara talk show Kick Andy di Metro TV. Permasalahan tersebut mencakup strategi yang digunakan Andy dalam mewawancarai bintang tamu yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda untuk mendapatkan informasi yang jelas dan pola komunikasi secara umum yang kemudian dirinci lebih lanjut berdasarkan pola komunikasi yang disajikan dalam acara Kick Andy. Tujuan menganalisis Kick Andy adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan Andy dalam mewawancarai bintang tamu yang mempunyai latar belakang berbeda-beda untuk mendapatkan informasi yang jelas dan pola komunikasi yang terbentuk antara host dan bintang tamu dalam acara talk show Kick Andy di Metro TV. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu a) tahap penyediaan data, b) tahap analisis data, dan c) tahap penyajian hasil analisis data. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik simak dan teknik dasarnya menggunakan teknik sadap. Untuk teknik lanjutan yang pertama menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik lanjutan yang kedua menggunakan teknik rekam. Untuk metode analisis data penulis menggunakan etnografi komunikasi untuk mengetahui pola-pola komunikasi yang terbentuk antara host dan bintang tamu. Selanjutnya, untuk menentukan data peneliti menggunakan metode ix purposive sample atau sampel bertujuan. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas enam episode acara Kick Andy dengan topik dan bintang tamu yang berbedabeda, terutama dalam segi pekerjaan. Dalam mengajukan pertanyaan pada bintang tamu Andy mempunyai strategi tersendiri. Strategi ini digunakan untuk memperoleh informasi dari bintang tamu terkait dengan topik yang dibahas dalam acara Kick Andy. Strategi yang digunakan diantaranya a) melakukan penekanan-penekanan pada beberapa kalimat pertanyaan, b) mengulang pertanyaan dengan kalimat yang berbeda jika jawaban yang diberikan bintang tamu kurang memuaskan/masih meragukan, c) mengulang pertanyaan dengan mengutip jawaban bintang tamu, d) memasukkan kata-kata seperti, denger-denger…., seingat saya sih…., isunya kan…, ….kok bisa, untuk mengklarifikasi informasi yang diperoleh berkaitan dengan bintang tamu, e) menegaskan pertanyaan dengan menyebutkan beberapa hal yang terkait dengan konflik yang sedang dihadapi bintang tamu, f) memotong pembicaraan bintang tamu untuk memberikan tanggapan, g) menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dimengerti oleh bintang tamu yang berlatar belakang berbedabeda, h) memasukkan unsur-unsur humor berkaitan dengan topik yang dibicarakan melalui tanggapan-tanggapan Andy.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080110201047;
dc.subjectPOLA KOMUNIKASI, HOST DAN BINTANG TAMUen_US
dc.titlePOLA KOMUNIKASI ANTARA HOST DAN BINTANG TAMU DALAM ACARA TALK SHOW KICK ANDY DI METRO TV (KAJIAN ETNOGRAFI KOMUNIKASIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record