POLA KOMUNIKASI ANTARA HOST DAN BINTANG TAMU DALAM ACARA TALK SHOW KICK ANDY DI METRO TV (KAJIAN ETNOGRAFI KOMUNIKASI
Abstract
Komunikasi merupakan suatu jembatan yang menghubungkan manusia satu
dengan manusia lainnya dalam berinteraksi. Saat ini banyak media massa yang
menyajikan acara yang berhubungan dengan komunikasi dan dikemas dalam
sebuah acara talk show. Salah satu talk show yang menarik untuk dianalisis adalah
Kick Andy. Rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah
bagaimana pola komunikasi yang terjadi antara host dan bintang tamu dalam acara
talk show Kick Andy di Metro TV. Permasalahan tersebut mencakup strategi yang
digunakan Andy dalam mewawancarai bintang tamu yang mempunyai latar
belakang yang berbeda-beda untuk mendapatkan informasi yang jelas dan pola
komunikasi secara umum yang kemudian dirinci lebih lanjut berdasarkan pola
komunikasi yang disajikan dalam acara Kick Andy.
Tujuan menganalisis Kick Andy adalah untuk mengetahui strategi yang
digunakan Andy dalam mewawancarai bintang tamu yang mempunyai latar
belakang berbeda-beda untuk mendapatkan informasi yang jelas dan pola
komunikasi yang terbentuk antara host dan bintang tamu dalam acara talk show
Kick Andy di Metro TV.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini
dilakukan dengan tiga tahap, yaitu a) tahap penyediaan data, b) tahap analisis data,
dan c) tahap penyajian hasil analisis data. Metode yang digunakan dalam
pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik simak dan teknik dasarnya
menggunakan teknik sadap. Untuk teknik lanjutan yang pertama menggunakan
teknik simak bebas libat cakap, teknik lanjutan yang kedua menggunakan teknik
rekam. Untuk metode analisis data penulis menggunakan etnografi komunikasi
untuk mengetahui pola-pola komunikasi yang terbentuk antara host dan bintang
tamu. Selanjutnya, untuk menentukan data peneliti menggunakan metode
ix
purposive sample atau sampel bertujuan. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas
enam episode acara Kick Andy dengan topik dan bintang tamu yang berbedabeda,
terutama dalam segi pekerjaan.
Dalam mengajukan pertanyaan pada bintang tamu Andy mempunyai strategi
tersendiri. Strategi ini digunakan untuk memperoleh informasi dari bintang tamu
terkait dengan topik yang dibahas dalam acara Kick Andy. Strategi yang
digunakan diantaranya a) melakukan penekanan-penekanan pada beberapa
kalimat pertanyaan, b) mengulang pertanyaan dengan kalimat yang berbeda jika
jawaban yang diberikan bintang tamu kurang memuaskan/masih meragukan, c)
mengulang pertanyaan dengan mengutip jawaban bintang tamu, d) memasukkan
kata-kata seperti, denger-denger…., seingat saya sih…., isunya kan…, ….kok bisa,
untuk mengklarifikasi informasi yang diperoleh berkaitan dengan bintang tamu,
e) menegaskan pertanyaan dengan menyebutkan beberapa hal yang terkait dengan
konflik yang sedang dihadapi bintang tamu, f) memotong pembicaraan bintang
tamu untuk memberikan tanggapan, g) menggunakan bahasa yang komunikatif
sehingga mudah dimengerti oleh bintang tamu yang berlatar belakang berbedabeda,
h) memasukkan unsur-unsur humor berkaitan dengan topik yang
dibicarakan melalui tanggapan-tanggapan Andy.