FAKTOR FAKTOR YANG MEMICU MOTIVASI BELAJAR DALAM STRATEGI BELAJAR BERBASIL MASALAH (PBL) (Studi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jember Angkatan 2008 yang Menjalani Kurikulum Berbasis Kompetensi Model SPICES)
Abstract
Problem Based Leaning
Strategi belajar PBL yang banyak di terapkan oleh fakultas kedokteran saat
ini ialah strategi PBL model SPICES. PBL model SPICES yang pertama kali di
perkenalkan oleh Harden
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa FK
UNEJ angkatan 2008 secara kuantitatif, mengetahui korelasi antara motivasi
vii
belajar dengan pretasi belajar pada mahasiswa FK UNEJ angkatan 2008, dan
mengetahui motivasi belajar mahasiswa FK UNEJ angakatn 2008 secara
kualitatif. Dalam penelitian ini akan menggunakan metode kuisioner dengan
populasi total sampling. Metode kusioner ini menggunakan survey kuisioner
Strength of Motivation for Medical School Questionnaire yang dibuat oleh
Nieuwhof
Dari hasil penelitian kuantitatif didapatkan rho Spearmann sebesar -0.034
yang berarti bahwa tidak ada korelasi yang bermakan antara motivasi belajar
dengan prestasi belajar pada mahasiswa FK UNEJ angakatan 2008. Sedangkan
dari hasil FGD dan wawancara mendalam diketahui bahwa faktor-faktor yang
memicu motivasi belajar mahasiswa dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan
faktor eksternal. Faktor internal yang memicu motivasi belajar ialah minat.
Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi belajar siswa ialah
keluarga, teman sejawat, lingkungan tempat tinggal dan sistem kurikulum PBL.
Dengan mengetahui faktor-faktor yang memicu motivasi belajar tersebut
diharapkan baik mahasiswa dan insititusi dapat mengoptimalkan faktor-faktor
tersebut untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Collections
- UT-Faculty of Law [6243]