• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    gdlhub- (324)FKIP_1.pdf (415.0Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    Siti Nayu Ratmi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) saat ini adalah masih rendahnya daya serap peserta didik terhadap suatu mata pelajaran, salah satunya mata pelajaran fisika. Berdasarkan hasil studi International Study Center (ISC) bahwa prestasi fisika siswa di Indonesia hanya berada di peringkat ke-37 dari 44 negara peserta. Rendahnya daya serap tersebut diantaranya disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan hakekat fisika. Salah satu model pembelajaran yang relevan diterapkan dalam pembelajaran fisika adalah model Cooperative Learning teknik berkirim salam dan soal. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika yang menggunakan model Cooperative Learning teknik berkirim salam disertai pembuatan soal dengan pembelajaran konvensional di SMP?; (2) Seberapa besar ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning teknik berkirim salam disertai pembuatan soal dalam pembelajaran fisika di SMP?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengakaji ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika yang menggunakan model Cooperative Learning teknik berkirim salam disertai pembuatan soal dengan pembelajaran konvensional di SMP; (2) Untuk mengkaji besarnya ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning teknik berkirim salam disertai pembuatan soal dalam pembelajaran fisika di SMP. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 12 Jember, populasi penelitian adalah siswa kelas VII. vii Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling, kemudian diperoleh 2 kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelompok siswa yang menerima pembelajaran fisika dengan menggunakan model Cooperative Learning teknik berkirim salam dan soal dan kelas kontrol sebagai kelompok siswa yang menerima pembelajaran konvensional. Desain penelitian menggunakan control group pre-test and post-test design. Metode pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisa data yang dilakukan yaitu; (1) uji t untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika yang menggunakan model Cooperative Learning teknik berkirim salam dan soal dengan pembelajaran konvensional ; (2) uji ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning teknik berkirim salam dan soal. Analisis data yang menggunakan uji t test test menunjukkan bahwa hasil t = 3,17 dan t tabel = 1,99, sehingga t hitung > t . Jadi ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika yang menggunakan model Cooperative Learning teknik berkirim salam dan soal dengan pembelajaran konvensional. Tingkat ketuntasan hasil belajar pada kelas eksperimen secara klasikal sebesar 82,2 %, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 47,8 %. tabel Kesimpulan dari penelitian ini adalah; (1) Hasil belajar pada pembelajaran fisika dengan menggunakan model Cooperative Learning teknik berkirim salam disertai pembuatan soal lebih baik daripada hasil belajar pada pembelajaran konvensional; (2) Ketuntasan pembelajaran fisika dengan menggunakan model Cooperative Learning teknik berkirim salam disertai pembuatan soal lebih tinggi dari kelas kontrol, bahkan untuk kelas eksperimen masuk dalam kategori tuntas secara klasikal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27293
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15319]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail