• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY DI SDN LENGKONG 01 KEC. MUMBULSARI KAB. JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (331)FKIP_1.pdf (365.8Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    Siti Nuraini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang diajarkan masih menggunakan metode dan media yang sederhana dan kurang bervariasi yaitu ceramah dan penggunaan buku cetak serta penugasan saja sehingga pembelajaran cenderung membosankan dan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari guru kepada siswa, cara ini membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan terlihat hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Dengan pembelajaran IPA menggunakan model discovery yang dapat memberikan pembelajaran yang berorientasi pada PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV dalam mengikuti proses pembelajaran IPA dengan model discovery di SDN Lengkong 01 Kec. Mumbulsari Kab. Jember; 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV setelah mengikuti proses pembelajaran IPA dengan model discovery di SDN Lengkong 01 Kec. Mumbulsari Kab. Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model discovery pada siswa kelas IV SDN Lengkong 01 Ke. Mumbulsari Kab. Jember; (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model discovery pada siswa kelas IV SDN Lengkong 01 Ke. Mumbulsari Kab. Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lengkong 01 Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK viii (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari 2 siklus. Pada 2 siklus yang dilakukan dengan tindakan, terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 49 siswa yang terdiri dari 29 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar, berturut-turut menggunakan rumus: %100x A Pa = dan %100x N n P = . N Dari analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa klasikal dari rata-rata siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, secara berurutan yaitu 71,94% dalam kategori aktif dan 77,04% dalam kategori sangat aktif. Dari analisis hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 77,55% dengan 11 siswa belum tuntas, persentase tersebut dalam kategori tuntas secara klasikal; dan siklus II sebesar 85,71% dengan 7 siswa belum tuntas, persentase tersebut dalam kategori tuntas secara klasikal. Dari hasil analisis tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Aktivitas siswa selama pembelajaran IPA menggunakan model discovery (penemuan terbimbing) mengalami peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif; (2) Pembelajaran IPA menggunakan model discovery (penemuan terbimbing) dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lengkong 01 Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Saran dari penelitian adalah: 1) dapat meningkatkan mutu pendidikan SDN Lengkong 01; 2) dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran; 3) dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan dapat bermanfaat bagi banyak orang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27291
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository