Show simple item record

dc.contributor.authorMOH. SOFYAN EFENDI
dc.date.accessioned2014-01-29T15:15:57Z
dc.date.available2014-01-29T15:15:57Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM080210204215
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27223
dc.description.abstractFakta yang terjadi di lapangan, mayoritas siswa Sekolah Dasar tidak menyukai pelajaran Matematika. Hal ini selain dikarenakan Matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit dipahami juga karena pembelajaran Matematika disajikan dalam bentuk pembelajaran yang konvensional dan kurang melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa cenderung pasif selama pembelajaran. Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) merupakan kombinasi antara belajar kooperatif dengan belajar individu, kemudian siswa saling membantu dan mengecek. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) ini menjadikan siswa lebih berkreatif dalam belajar dimana pada pembelajaran ini siswa dikondisikan belajar secara individu serta belajar secara kelompok sehingga pembelajaran menjadi bersifat menjadi lebih menarik dan tidak monoton. Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan segitiga siswa kelas V SDN Lengkong 01?; (2) Bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran matematika pokok bahasan segitiga siswa kelas V SDN Lengkong 01?; (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran matematika pokok bahasan segitiga siswa kelas V SDN Lengkong 01? Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Lengkong 01 kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 39 siswa, 17 orang perempuan, 22 orang lakilaki. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok yang heterogen. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 18 April 2011 sampai 27 April 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri Lengkong 01. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Hasil pengamatan guru diperoleh persentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 59,83%, pertemuan 2 adalah 67,38% dan Siklus II pertemuan 1 sebesar 88,18%. Presentase aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 adalah 59,52%, pertemuan 2 adalah 64,29%, pertemuan 3 adalah 69,05% dan Siklus II pertemuan 1 adalah 73,81%, pertemuan 2 adalah 80,95%. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,36% dan Siklus II sebesar 89,74%. Berdasarkan analisa hasil belajar pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa kelas V telah mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar Matematika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) efektif digunakan pada pembelajaran matematika pokok bahasan segitiga. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan segitiga. Hal ini dapat ditunjukkan dengan persentase hasil tes akhir siklus I dan siklus II. Persentase hasil tes akhir siswa pada siklus I sebesar 74,36% dan Siklus II sebesar 89,74%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204215;
dc.subjectTeam Asisted Individualizationen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI SEGITIGA SISWA KELAS V SDN LENGKONG 01 TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record