Show simple item record

dc.contributor.authorMirsad Sakirsyah Moehsen
dc.date.accessioned2014-01-29T10:18:27Z
dc.date.available2014-01-29T10:18:27Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM070210204075
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27119
dc.description.abstractObservasi awal pada tanggal 15 Maret 2011 menunjukkan permasalahan dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V di SDN Mangli 01 bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Aktivitas siswa yang masih rendah dapat dilihat selama pembelajaran IPS, siswa hanya mendengarkan, mencatat, dan mematuhi perintah guru sehingga siswa merasa jenuh dan bosan selama pembelajaran berlangsung. Metode diskusi yang diterapkan tidak mencerminkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok karena pembelajaran didominasi oleh siswa yang pandai saja, sedangkan siswa yang kurang pandai merasa minder dan mengalami kesulitan dalam menyampaikan gagasan karena kemampuan komunikasi yang masih kurang. Masalah tersebut perlu diatasi agar siswa aktif dalam pembelajaran dan hasil belajarnya meningkat. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Alasan dipilihnya metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation ini karena dalam pengimplementasiannya siswa dituntut untuk bekerjasama dalam satu kelompok dan megeluarkan pendapat untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, sehingga mereka bisa mendapatkan hasil yang baik. Berdasarkan alasan yang dikemukakan, penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu, 1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPS pokok bahasan Perjuangan Melawan Penjajah dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada siswa kelas V SDN Mangli 01Jember 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan Perjuangan Melawan Penjajah dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada siswa kelas V SDN Mangli 01Jember. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V pokok bahasan perjuangan melawan penjajah di SDN Sumberjati 01 dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group investigation. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2011 pada siklus I, pada siklus I ini aktivitas siswa secara keseluruhan dapat dikatakan aktif dengan hasil yang diperoleh 55,78%, sedangkan hasil belajar siswa yaitu 82,5%, dari 40 siswa kelas V 33 siswa yang tuntas dan 7 siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu 59,06%, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu 87,5% dari 40 siswa yang tuntas sebanyak 35 siswa dan yang tidak tuntas 5 siswa. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pokok bahasan perjuangan melawan penjajah dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar pada siklus I sudah memenuhi Standar Ketuntasan Minimal, sedangkan pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa kembali mengalami peningkatan. Pelaksanaan siklus II ini merupakan siklus pemantapan karena pada siklus I sudah tuntas, maka siklus II dilakukan sebagai pemantapan. Saran bagi guru agar dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran yang dianggap cocok. Bagi sekolah, agar dapat menyediakan media pembelajaran yang inovatif untuk menunjang pembelajaran yang dilakukan di kelas. Bagi peneliti, agar dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif group investigation pada mata pelajaran lainnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204075;
dc.subjectMeningkatkan Aktivitas, dan Hasil Belajar IPSen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V SDN MANGLI 01 JEMBER SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011.en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record