• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V SDN MANGLI 01 JEMBER SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011.

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (180)FKIP_1.pdf (556.7Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    Mirsad Sakirsyah Moehsen
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Observasi awal pada tanggal 15 Maret 2011 menunjukkan permasalahan dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V di SDN Mangli 01 bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Aktivitas siswa yang masih rendah dapat dilihat selama pembelajaran IPS, siswa hanya mendengarkan, mencatat, dan mematuhi perintah guru sehingga siswa merasa jenuh dan bosan selama pembelajaran berlangsung. Metode diskusi yang diterapkan tidak mencerminkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok karena pembelajaran didominasi oleh siswa yang pandai saja, sedangkan siswa yang kurang pandai merasa minder dan mengalami kesulitan dalam menyampaikan gagasan karena kemampuan komunikasi yang masih kurang. Masalah tersebut perlu diatasi agar siswa aktif dalam pembelajaran dan hasil belajarnya meningkat. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Alasan dipilihnya metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation ini karena dalam pengimplementasiannya siswa dituntut untuk bekerjasama dalam satu kelompok dan megeluarkan pendapat untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, sehingga mereka bisa mendapatkan hasil yang baik. Berdasarkan alasan yang dikemukakan, penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu, 1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPS pokok bahasan Perjuangan Melawan Penjajah dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada siswa kelas V SDN Mangli 01Jember 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan Perjuangan Melawan Penjajah dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada siswa kelas V SDN Mangli 01Jember. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V pokok bahasan perjuangan melawan penjajah di SDN Sumberjati 01 dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group investigation. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2011 pada siklus I, pada siklus I ini aktivitas siswa secara keseluruhan dapat dikatakan aktif dengan hasil yang diperoleh 55,78%, sedangkan hasil belajar siswa yaitu 82,5%, dari 40 siswa kelas V 33 siswa yang tuntas dan 7 siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu 59,06%, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu 87,5% dari 40 siswa yang tuntas sebanyak 35 siswa dan yang tidak tuntas 5 siswa. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pokok bahasan perjuangan melawan penjajah dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar pada siklus I sudah memenuhi Standar Ketuntasan Minimal, sedangkan pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa kembali mengalami peningkatan. Pelaksanaan siklus II ini merupakan siklus pemantapan karena pada siklus I sudah tuntas, maka siklus II dilakukan sebagai pemantapan. Saran bagi guru agar dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran yang dianggap cocok. Bagi sekolah, agar dapat menyediakan media pembelajaran yang inovatif untuk menunjang pembelajaran yang dilakukan di kelas. Bagi peneliti, agar dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif group investigation pada mata pelajaran lainnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27119
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository