• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DENGAN LKS INKUIRI PADA SISWA KELAS XI-TPHP SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN PUGER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (176)FKIP_1.pdf (1.098Mb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    Mirisa Izzatun Haniyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan data observasi awal yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2011 di kelas XI-TPHP SMK Perikanan dan Kelautan Puger, diketahui rendahnya ketuntasan hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan data nilai hasil belajar fisika kelas XI-TPHP dari 30 siswa hanya 46,67% atau 14 siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70, sedangkan kriteria keuntasan hasil belajar secara klasikal adalah 75%. Aktivitas belajar siswa juga tergolong rendah yaitu dari 30 siswa hanya 6 siswa yang menjawab pertanyaan guru; tidak ada siswa yang bertanya; hanya 4 siswa yang dengan sungguh-sungguh memperhatikan penjelasan guru; 9 siswa yang mencatat dengan lengkap dan rapi; hanya 12 orang siswa yang mengerjakan soal dengan lengkap dan benar; serta tidak ada kegiatan praktikum atau demonstrasi. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui model Cooperative Learning tipe NHT Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas XI-TPHP SMK Perikanan dan Kelautan Puger tahun pelajaran 2011-2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah skor aktivitas guru dan skor aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan skor hasil belajar pada pra-siklus, siklus 1, siklus 2, serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Aktivitas belajar fisika siswa dengan model cooperative learning tipe NHT Peningkatan aktivitas belajar siswa pada model cooperative learning tipe NHT
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27117
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository