MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DENGAN LKS INKUIRI PADA SISWA KELAS XI-TPHP SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN PUGER
Abstract
Berdasarkan data observasi awal yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juli
2011 di kelas XI-TPHP SMK Perikanan dan Kelautan Puger, diketahui rendahnya
ketuntasan hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan data nilai hasil belajar fisika
kelas XI-TPHP dari 30 siswa hanya 46,67% atau 14 siswa yang mendapatkan
nilai ≥ 70, sedangkan kriteria keuntasan hasil belajar secara klasikal adalah 75%.
Aktivitas belajar siswa juga tergolong rendah yaitu dari 30 siswa hanya 6 siswa
yang menjawab pertanyaan guru; tidak ada siswa yang bertanya; hanya 4 siswa
yang dengan sungguh-sungguh memperhatikan penjelasan guru; 9 siswa yang
mencatat dengan lengkap dan rapi; hanya 12 orang siswa yang mengerjakan soal
dengan lengkap dan benar; serta tidak ada kegiatan praktikum atau demonstrasi.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran
melalui model Cooperative Learning tipe NHT Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sehingga subyek
penelitian sudah ditetapkan di kelas XI-TPHP SMK Perikanan dan Kelautan
Puger tahun pelajaran 2011-2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah
skor aktivitas guru dan skor aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran
berlangsung dan skor hasil belajar pada pra-siklus, siklus 1, siklus 2, serta hasil
wawancara dengan guru bidang studi dan siswa.
Aktivitas belajar fisika siswa dengan model cooperative learning tipe
NHT
Peningkatan aktivitas belajar siswa pada model cooperative learning tipe
NHT