• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pe mbelajaran Kooperatif tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Membaca Intensif Pada Sis wa Kelas IV SDN Baratan 01 Jembe r Tahun Pelajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (168)FKIP_1.pdf (404.0Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    Minarni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan observasi awal, selama mengikuti pembelajaran menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif siswa kelas IV banyak mengalami kesulitan dalam menentukan ide pokok paragraf. Jumlah siswa sebanyak 40, terdapat 22 siswa yang belum mengalami ketuntasan belajar individual, dan saat diberi pelajaran membaca siswa tampak kurang berminat dan tertarik dengan bacaan yang disajikan. Penyebab dari permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran guru lebih sering menfokuskan untuk menjelaskan pengertian ide pokok paragraf dengan metode ceramah, lalu menyuruh siswa untuk mengerjakan tugas yang ada di buku sumber tanpa menjelaskan langkah- langkah mencari dan menentukan ide pokok paragraf. Untuk melakukan perbaikan pembelajaran dalam menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif, maka diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) . Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) yang dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV dan bagaimanakah hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Baratan 01 setelah mengikuti pembelajaran menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Adapun tujuannya yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Baratan 01 Jember pada semester genap. Subjek penelitian yang diambil yaitu seluruh s iswa kelas IV SD Negeri Baratan 01 Jember 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas guru selama pembelajaran, hasil tes, hasil wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya yang mendukung penelitian. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meliputi: pembagian kelompok, presentasi kelas, perkembangan skor individu, kuis dan reward/ penghargaan. Dalam pembelajaran menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terlihat adanya suatu peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada tahap prasiklus sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 45%. Pada siklus 1 ketuntasan klasikal yaitu sebesar 65% dan pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 80%. Pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai maka pembelajaran dilanjutkan pada siklus 2. Setelah siklus 2 dilaksanakan, ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai minimal 70% sehingga penelitian hanya dilakukan sebanyak 2 siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif pada siswa kelas VI SD Negeri Baratan 01 Jember dapat membuat siswa aktif dan antusias dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan bekerjasama antar sesama anggota kelompok, dan Persentase hasil belajar siswa secara individu maupun klasikal dalam mengikuti pembelajaran menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27111
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository