PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL INKUIRI MENGGUNAKAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS IV SDN 5 SILIRAGUNG - BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
IPA sebagai ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan kegiatan percobaan dan
pengamatan. Pembelajaran IPA yang seharusnya menekankan keterlibatan siswa
karena pembelajaran IPA sangat menarik dan menggugah sifat keingintahuan pada
diri siswa. Namun dari pembelajaran yang terlihat, terbukti penggunaan model dan
media masih kurang serta penghargaan atau pujian dari guru hanya sedikit diberikan
sehingga tidak dapat mendorong motivasi siswa untuk belajar. Kondisi pembelajaran
yang seperti itu tidak bisa dibiarkan terus menerus.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: (1)
mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pada model
inkuiri menggunakan media tiga dimensi siswa kelas IV SDN 5 Siliragung Kabupaten
Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar
IPA dengan model inkuiri menggunakan media tiga dimensi pada siswa kelas IV
SDN 5 Siliragung Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan di kelas IV SDN 5 Siliragung Kabupaten Banyuwangi yang terdiri dari
22 siswa, yaitu 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5
kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4
tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data
yaitu dengan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara.