• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL INKUIRI MENGGUNAKAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS IV SDN 5 SILIRAGUNG - BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (26)BB_1.pdf (291.7Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    Dedy Candra Nuryawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    IPA sebagai ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan kegiatan percobaan dan pengamatan. Pembelajaran IPA yang seharusnya menekankan keterlibatan siswa karena pembelajaran IPA sangat menarik dan menggugah sifat keingintahuan pada diri siswa. Namun dari pembelajaran yang terlihat, terbukti penggunaan model dan media masih kurang serta penghargaan atau pujian dari guru hanya sedikit diberikan sehingga tidak dapat mendorong motivasi siswa untuk belajar. Kondisi pembelajaran yang seperti itu tidak bisa dibiarkan terus menerus. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pada model inkuiri menggunakan media tiga dimensi siswa kelas IV SDN 5 Siliragung Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan model inkuiri menggunakan media tiga dimensi pada siswa kelas IV SDN 5 Siliragung Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 5 Siliragung Kabupaten Banyuwangi yang terdiri dari 22 siswa, yaitu 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27052
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository