ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PADA PEMBELIAN DAGING AYAM RAS (Broiler Chicken) Di PASAR TRADITIONAL DAN PASAR MODERN KOTA JEMBER
Abstract
Kabupaten Jember merupakan salah satu pengkonsumsi daging ayam
terbesar di Provinsi Jawa Timur. Daging ayam ras pedaging (Broiler chicken)
dijual oleh pedagang di berbagai tempat di Jember. Setiap pasar traditional
dipastikan terdapat penjual daging ayam ras. Selain di pasar traditional, daging
ayam ras pedaging juga tersedia di pasar modern (Supermarket/Swalayan).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen pada pembelian
daging ayam ras di jember selain itu ingin mengetahui segmen potensial
konsumen serta alasan konsumen membeli daging ayam ras di pasar traditional
dan pasar modern. Alat analisis yang digunakan adalah analisi faktor dang
menggunakan metode deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) faktorfaktor
yang mempengaruhi perilaku konsumen pada pembelian daging ayam di
Jember adalah faktor produk dan sumber informasi, faktor pribadi dan faktor
psikologi. (2) segmen potensial konsumen di pasar traditional diketahui
Konsumen dengan tingkat pendidikan perguruan tinggi menjadi konsumen yang
dominan dalam aspek tingkat pendidkan, konsumen sebagai ibu rumah tangga
menjadi konsumen yang dominan dalam aspek jenis pekerjaan, konsumen pada
usia dewasa (30-49 thn) menjadi konsumen yang dominan dalam aspek usia dan
konsumen dengan tingkat pendapatan rumah tangga Rp.2.000.000– Rp. 3.000.000
menjadi yang dominan dalam aspek tingkat pendapatan rumah tangga. Dan
segmen potensial konsumen di pasar modern diketahui konsumen dengan tingkat
pendidikan perguruan tinggi menjadi konsumen yang dominan dalam aspek
tingkat pendidkan, konsumen sebagai pegawai swasta menjadi konsumen yang
vii
dominan dalam aspek jenis pekerjaan, konsumen pada usia dewasa (30-49 thn)
menjadi konsumen yang dominan dalam aspek usia dan konsumen dengan tingkat
pendapatan rumah tangga > 7.000.000 menjadi yang dominan dalam aspek tingkat
pendapatan rumah tangga. (3) Alasan konsumen membeli daging ayam di pasar
traditional yang paling dominan adalah konsumen sekalian berbelanja kebutuhan
rumah tangga lainya selain daging ayam ras, sedangkan alasan konsumen
membeli daging ayam di pasar modern adalah disamping membeli daging ayam
konsumen juga mempunyai motivasi lain yaitu jalan-jalan di pasar modern.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]