Show simple item record

dc.contributor.authorRIZKI AMALIA SETYOWATI
dc.date.accessioned2014-01-29T04:25:00Z
dc.date.available2014-01-29T04:25:00Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM100210274057
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27021
dc.description.abstractKenyataan yang terjadi pada menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan model pembelajaran yang monoton sehingga siswa kurang termotivasi mengikuti pembelajaran IPS dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan penerapan metode diskusi pada pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri Semboro 01 Kabupaten Jember, (2) untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui metode diskusi dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Semboro 01 Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semboro 01 Kelas V yang terdiri dari 20 siswa, 11 siswa laki-lakidan 9 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, data yang disajikan dalam bentuk persentase untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Pengambilan data mulai dilakukan pada tanggal 20 Maret 2012 sampai 03 Mei 2012 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa selama pembelajaran proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan Metode Diskusi adalah: pada siklus I prosentase motivasi siswa dengan kriteria motivasi cukup sebesar 63,2 %, siklus II sebesar 86,4 %. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 55% sedangkan pada siklus II sebesar 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan motivasi dan ketuntasan hasil belajar pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat menciptakan pembelajaran yang merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274057;
dc.subjectMotivasi, Diskusi, Hasil Belajar.en_US
dc.titlePENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SEMBORO 01 JEMBER PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOKen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record