PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SEMBORO 01 JEMBER PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK
Abstract
Kenyataan yang terjadi pada menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di SD
hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan
model pembelajaran yang monoton sehingga siswa kurang termotivasi mengikuti
pembelajaran IPS dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui motivasi belajar
siswa dan penerapan metode diskusi pada pembelajaran IPS pokok bahasan
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk meningkatkan motivasi dan hasil
belajar pada siswa kelas V SD Negeri Semboro 01 Kabupaten Jember, (2) untuk
mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui metode diskusi dalam
pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Semboro 01
Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semboro 01 Kelas V yang terdiri dari
20 siswa, 11 siswa laki-lakidan 9 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 4
kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan
jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2
siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara,
dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, data yang
disajikan dalam bentuk persentase untuk mengetahui peningkatan hasil belajar.
Pengambilan data mulai dilakukan pada tanggal 20 Maret 2012 sampai 03 Mei
2012 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Semboro 01 Kecamatan
Semboro Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa
selama pembelajaran proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan
Metode Diskusi adalah: pada siklus I prosentase motivasi siswa dengan kriteria
motivasi cukup sebesar 63,2 %, siklus II sebesar 86,4 %. Dari hasil tes akhir yang
dilakukan siswa, ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 55%
sedangkan pada siklus II sebesar 85%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
motivasi dan ketuntasan hasil belajar pada materi proklamasi kemerdekaan
Indonesia dapat menciptakan pembelajaran yang merangsang siswa untuk lebih
berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil
belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.